17 November 2019, 11:06 WIB

Edhy Prabowo Berencana Kapal Tangkapan Dibagikan Ke Nelayan


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

Antara
 Antara
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo memilih membagikan kapal hasil sitaan kepada nelayan daripada ditenggelamkan. 

MENTERI Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo tidak akan melanjutkan program Menteri Kelautan dan Perikanan sebelumnya, Susi Pudjiastuti dengan menenggelamkan kapal-kapal pencuri ikan di wilayah Indonesia. Namun kapal-kapal tangkapan itu akan dibagikan ke nelayan.  Menteri Edhy mengatakan pencurian ikan di wilayah Indonesia tidak akan dibiarkan dan tetap akan dilawan.

"Siapa berani curi ikan di laut kita akan saya tindak, saya tidak segan untuk menenggelamkanya. Tapi percuma kalau hanya menenggelamkan saja, tanpa mengurus bapak-bapak nelayan ini," kata Edhy saat berdialog dengan nelayan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sungailiat Bangka, Sabtu (16/11/2019).

Di bawah komandonya, Edhy berencana kapal-kapal pencuri ikan yang ditangkap tidak akan ditenggelamkan, melainkan akan dibagikan kepada nelayan agar dapat dimanfaatkan. Sehingga bisa memberikan dampak pada perekonomian nelayan.

Selain itu menurutnya keberadaan kapal-kapal tangkapan itu menghabiskan tempat di pelabuhan. Untuk itu Kementerian Kelautan dan Perikanan  akan bekerja sama dengan aparat kepolisian dan kejaksaan agar nantinya kapal-kapal tangkapan itu dibagikan ke nelayan.

"Ini urusan kejaksaan. Kita minta tuntutannya seperti apa kalau masih bagus, lingkungan aman, ramah tidak merusak, kita bagikan kapal-kapal itu kepada nelayan," ujarnya disambut tepuk tangan para nelayan.

Kapal-kapal tersebut menurutnya akan dibagikan kepada nelayan yang benar-benar rajin kelaut dan punya kemauan.

"Kita lihat kalau banyak tangkapannya di situ kita bagikan. Seperti di Kepulauan Riau, saya tidak tahu di Babel ini ada tidak tangkapan kapal ikan, kalau ada akan kita bagikan ke nelayan," ucapnya.

baca juga: Polres Cianjur Bongkar Dugaan Perdagangan Manusia

Hadir dalam kunjungan kerja Menteri Edhy, Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan, Bupati Bangka Mulkan, wakil Bupati Bangka Syahbudi, ketua DPRD Bangka, Wakil Ketua DPRD Babel, kapolres Bangka dan  Danrem 045 Gaya.(OL-3)

 

BERITA TERKAIT