17 November 2019, 09:12 WIB

Jorge Lorenzo Pensiun, Tiga Nama Akan Menjadi Pengganti


Despian Nurhidayat | Olahraga

AFP
 AFP
Juara tiga kali MotoGP dan pembalap Repsol Honda Jorge Lorenzo usai konferensi pers tentang keputusannya pensiun dari MotoGP tahun ini. 

MENYAMBUT musim terakhir di Moto GP 2019, Sirkuit Ricardo Torno di Valencia akan menjadi tempat terakhir untuk para pembalap. Di tempat ini pula Jorge Lorenzo secara resmi, akan gantung setir dari dua balapan motor paling bergengsi di dunia.

Setelah terakhir kali menjadi juara di tahun 2015, Lorenzo telah kehilangan sentuhannya di setiap balapan. Lorenzo bahkan telah dua kali berganti tim dengan pabrikan asal Italia, Ducati pada tahun 2017-2018 dan Repsol Honda pada tahun 2019.

Nyatanya, dua pabrikan besar yang telah mencetak juara tersebut tak mampu membuat Lorenzo kembali ke performa maksimalnya. Dan pensiun merupakan langkah yang tepat bagi pria asal Spanyol tersebut. Lorenzo telah menyebutkan tiga nama penggantinya yang kemungkinan besar akan direkrut oleh Honda di tahun depan.

"Aku dengar ada tiga pembalap yang mungkin menjadi penggantiku, Cal, Johann dan Alex," ungkapnya setelah melakoni babak kualifikasi di Valencia, Minggu (17/11/2019) dini hari WIB.

Cal Crutchlow, Johann Zarco dan Alex Marquez merupakan tiga nama yang akan menjadi pengganti Lorenzo di musim depan Moto GP. Lorenzo pun mengakui bahwa ketiga pembalap ini merupakan pilihan yang tepat bagi Honda.

"Cal memiliki lebih banyak pengalaman, dan tahu betul motornya, kami juga tahu seberapa cepat Cal. Lalu Johann banham melakukan pekerjaan yang bagus di balapan kali ini, dia menunjukkan kecepatan," lanjut Lorenzo

"Selain itu ada Alex, yang merupakan juara dunia dua kali Moto 2, dia juga jadi pembalap yang termuda. Dia merupakan saudara laki-laki Marc sehingga akan sangat menarik untuk memiliki dua saudara laki-laki di tim yang sama dan juga dia orang Spanyol, jadi bagi Repsol itu akan sangat menarik," pungkasnya.

baca juga: Dominic Thiem Semakin Dekat Menuju Gelar Juara ATP Final 2019

Sementara itu di Valencia, Fabio Quantararo akan mengisi pole position setelah unggul di babak kualifikasi. Marc Marquez dan Jack Miller akan berada di posisi kedua dan tiga, Lorenzo pun akan berada di posisi 16 untuk menghadapi balapan terakhirnya ini. (Crah.net/OL-3)

BERITA TERKAIT