17 November 2019, 08:08 WIB

Austria Dampingi Polandia Wakili Grup G Ke Piala Eropa 2020


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

AFP
 AFP
Tim sepak bola Austria merayakan kemenangan setelah lolos kualifikasi Grup G ke Piala Dunia 2020. 

SETELAH Kroasia, Austria dan Polandia dipastikan lolos ke Piala Eropa 2020 dan mewakili Grup G setelah menang atas lawan masing-masing, dalam pertandingan babak kualifikasi, Minggu dini hari (17/11/2019).

Austria dipastikan lolos ke putaran final setelah berhasil menundukkan Makedonia Utara dengan skor tipis 2-1 di Stadion Ernst Happel. Beruntung, Austria bisa unggul cepat lewat sepakan kaki kanan pemain andalan Bayer Muenchen, David Alaba dengan memaksimalkan asis Stefan Lainer di menit ke-7.

Bermain di kandang sendiri membuat Austria getol menyerang lini pertahanan lawan. Akhirnya Lainer kembali mencetak gol untuk Austria melalui tendangan terukur dari tengah kotak penalti pada menit 47. Lainer memang menjadi bintang dalam pertandingan kali ini. Selain mampu menjadi motor serangan tim, Lainer juga sukses memberikan satu umpan untuk gol Alaba, ia pun menjadi penentu kemenangan Austria yang lolos ke Piala Eropa 2020.

Makedonia Utara baru bisa memperkecil ketertinggalan melalui sundulan Vlatko Stojanovski yang memaksimalkan tendangan bebas Enis Bardhi di menit akhir tambahan waktu babak kedua.

Sementara, sang juara grup G, Polandia memupus harapan Israel setelah menang 2-1 di kandang lawan. Gol kemenangan Polandia dicetak oleh Gregorz Krychowiak dan Krzsztof Piatek di menit ke-4 dan 54. Sedangkan gol hiburan tuan rumah dibukukan Moanes Dabour di menit ke-88.

Polandia bermain lebih efektif dibanding tuan rumah. Robert Lewandowski dan tim melepaskan 18 percobaan tendangan ke gawang yang 10 di antaranya tepat mengarah sasaran. Sementara tim tuan rumah hanya melepaskan dua sepakan ke arah gawang dari 10 kali percobaan.

baca juga: Jerman dan Belanda Lolos ke Putaran Final Piala Eropa 2020

Israel yang ingin meraih kemenangan demi menjaga asa lolos ke Piala Eropa harus tertinggal gol cepat Krychkwiak, melalui sepakan kaki kiri setelah memanfaatkan kemelut di area kotak penalti. Meski telah unggul, Polandia tak menurunkan agresivitas penyerangan dan terus mengurung pertahanan Israel. Memasuki babak kedua, giliran striker AC Milan, Piatek yang menempatkan nama di papan skor.

Tendangan kencang kaki kiri Piatek membuat kiper Ofir Marciano memungut bola dari gawangnya di menit 54. Gol telat Israel tercipta lewat sepakan Munas Dabour di menit ke-87. Namun hingga enam menit perpanjangan waktu, Israel gagal memaksakan skor imbang dan harus menyerah 2-1 dari Polandia.

 

Berikut daftar 16 tim yang lolos ke Piala Eropa 2020:

1. Austria

2. Belgia

3. Kroasia

4. Ceko

5. Inggris

6. Finlandia

7. Prancis

8. Jerman

9. Italia

10. Belanda

11. Polandia

12. Rusia

13. Spanyol

14. Swedia

15. Turki

16. Ukraina

 

(Uefa/OL-3)

 

BERITA TERKAIT