16 November 2019, 22:11 WIB

Quartararo Akan Start Terdepan di GP Valencia


Antara | Olahraga

PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP
 PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP
Pembalap Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo

FABIO Quartararo (Petronas Yamaha SRT) akan mengawali balapan Grand Prix Valencia dari posisi start terdepan setelah tampil tercepat di babak kualifikasi di Sirkuit Ricardo Tormo, Sabtu.

Rookie terbaik musim 2019 itu mencetak waktu satu menit 29,978 detik untuk meraih pole position keenamnya musim ini, demikian laman resmi MotoGP.

Juara dunia tahun ini Marq Marquez (Repsol Honda) akan start dari P2 setelah catatan waktunya terpaut sangat tipis 0,032 dari Quartararo, sementara Jack Miller (Pramac Racing) melengkapi posisi start baris depan di P3, 0,108 detik lebih lambat dari Quartararo.

Dengan demikian tiga pabrikan berbeda akan start dari baris terdepan di balapan pamungkas tahun ini pada Minggu nanti.

Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) menjadi pebalap Yamaha tercepat kedua dan akan start dari P4 diikuti pebalap tim satelit Yamaha Franco Morbidelli di P5 dan juara GP Valencia musim lalu, Andrea Dovizioso (Ducati) di P6.

Joan Mir (Suzuki Ecstar) yang tampil konsisten untuk berada di peringkat 10 besar selama sesi latihan di Valencia, tampil lebih cepat 0,022 detik dari rekan satu timnya Alex Rins, yang harus berjuang melewati Q1. Duo Suzuki itu akan start dari P7 dan P8 diikuti oleh Cal Crutchlow (LCR Honda) di P9.

Danilo Petrucci (Ducati) harus puas di P10 sedangkan Pol Espargaro (KTM Factory Racing) dan Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) menjadi dua pebalap paling lambat di sesi Q2 untuk mengisi dua posisi terakhir di baris keempat.

Jorge Lorenzo (Repsol Honda) akan menjalani balapan terakhirnya sebelum pensiun dari P16.

Sementara itu pebalap Moto2 Iker Lecuona menjalani debut MotoGP lebih awal bersama KTM Tech 3 menggantikan Miguel Oliveira yang cedera.

Francesco Bagnaia (Pramac Racing) melewatkan sesi kualifikasi setelah mengalami kecelakaan di sesi FP3. Pebalap Italia itu dinyatakan tidak fit untuk meneruskan sesi Sabtu dan kemungkinan akan turun di balapan besok.

Tim Ducati dan Repsol Honda akan bersaing memperebutkan poin untuk gelar juara tim di kala keduanya hanya terpaut dua poin.(OL-4)

BERITA TERKAIT