16 November 2019, 19:56 WIB

Gol Egy Bawa Indonesia Taklukan Iran


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
 ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Egy Maulana Vikri

TIMNAS Indonesia U-23 sukses mengatasi perlawanan Iran U-23 dengan skor akhir 2-1 dalam pertandingan uji coba sebelum persiapan menuju SEA Games 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (16/11).

Penyerang andalan Indonesia, Egy Maulana Vikri, berhasil menjadi penentu kemenangan Tim Merah-Putih melalui golnya di menit-84.

Di babak awal, Iran sejatinya tampil mendominasi dengan menekan pertahanan yang digalang sang kapten, Andi Setya Nugroho.

Tim asuhan Indra Sjafri ini terlihat kesulitan mengembangkan permainan. Jarak yang terlalu jauh antarlini membuat Rafli dkk. tidak bisa bermain dengan bola-bola pendek dan lebih mengandalkan umpan jauh.

Gol pertama akhirnya diraih Garuda Muda melalui Muhammad Rafli di menit ke-32. Gol Rafi tercipta setelah kiper Iran, Meraj Esfahani, yang keluar dari gawangnya gagal membuang umpan jauh Indonesia dengan baik.

Empat menit berselang, giliran Iran yang menyamakan kedudukan melalui hadiah penalti di menit ke-37 setelah Feby Eka mengganjal Younes Delfi. Reza Shekari yang menjadi eksekutor sukses melaksanakan tugas dengan baik.

Babak pertama pun berakhir dengan kedudukan 1-1.

Di babak kedua, Indra mencoba mengganti beberapa pemainnya. Bek andalan Timnas, Bagas Adi Nugroho digantikan Dodi Alekvan Djin.

Sedangkan Witan Sulaeman keluar dan diganti oleh Egy Maulana. Saddil Ramdani diturunkan di babak kedua menggantikan Feby Eka Putra.

Terlihat di babak kedua, Indonesia lebih berani menyerang ketimbang di awal laga.

Kesempatan pertama Indonesia lahir di menit 52' melalui sepakan keras Rafli namun sayang sepakannya masih menyamping.

Iran sempat mencetak gol di menit ke-57. Namun, harus dianulir karena pelanggaran terlebih dahulu oleh gelandang sekaligus kapten Iran, Omid Nor Afkan.

Rafli kembali mendapatkan kesempatan setelah mendapatkan umpan lambung jauh dari sang kapten Nurhidayat. Tapi tendangannya masih menyamping di kanan gawang.

Akhirnya, gol penentu kemenangan datang melalui kerjasama apik antara Rachmat Irianto dan Rafli. Irianto pun memberikan umpan ke Egy yang sukses melesakkan gol ke gawang Meraj Esmaeli di menit 84'.

Skor akhir pun dikunci dengan kemenangan Indonesia 2-1 atas Iran. Sang pelatih, Indra, menuturkan seluruh rencananya di lapangan bisa tercapai dan semua pemain bisa paham dan memerbaiki masalah di pertandingan sebelumnya melawan Iran yang berakhir 1-1, pada Rabu, (13/11).

"Permasalahan di laga kemarin, main oke tapi bertahan kurang bisa dihilangkan pemain dengan bermain lebih sabar," ujar Indra.

"Di babak kedua kami bisa lebih sabar dan bisa mengendalikan pertandingan," tambahnya. Sang kapten di babak pertama, Bagas, mengaku bersyukur bisa bermain lebih baik ketimbang di laga uji coba sebelumnya.

"Alhamdulilah, kami bisa enak bermain ketimbang kemarin. Lalu, semoga kedepannya jauh lebih baik," ucap Bagas. (OL-4)

BERITA TERKAIT