16 November 2019, 11:30 WIB

Nadal Terhenti, Zverev Raih Tempat Terakhir Semifinal ATP Finals


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga

AFP/Kirk Glyn
 AFP/Kirk Glyn
Juara bertahan Alexander Zverev merayakan kemenangannya untuk lolos ke semifinal ATP Finals di London.

JUARA bertahan Alexander Zverev sukses membukukan tempat semifinal terakhir di Nitto ATP Finals di London dengan kemenangan atas Daniil Medvedev, 6-4, 7-6 (4), pada Sabtu dini hari (16/11).

Hasil ini membuat petenis nomor satu dunia, Rafael Nadal tak lolos ke semifinal dan harus angkat kaki dari ATP Finals.

Nadal yang mengalahkan Stefanos Tsitsipas 6-7 (4-7) 6-4 7-5, membutuhkan Medvedev untuk mengalahkan Zverev demi memuluskan dirinya lolos.

Namun, Zverev sukses menghancurkan Medvedev sehingga menendang Nadal dan mengatur pertemuan dengan Dominic Thiem di laga semifinal, Senin dini hari (18/11).

Meskipun bergabung untuk memenangkan keempat gelar Grand Slam pada 2019, Nadal dan Novak Djokovic sama-sama tersingkir.

Zverev sendiri memulai laga dengan baik setelah melakukan servis apiknya di gim pembuka. Petenis asal Jerman itu melepaskan tembakan untuk membawa Medvedev keluar dari baseline.


Baca juga: Indonesia Pastikan Tempat di Final Tunggal Putra


Permainan agresif yang diperlihatkan Zverev membuat keunggulannya atas Medvedev cukup jauh, yakni 5-1. Padahal, di set kedua, petenis asal Rusia itu mampu memukul sesekali dengan kecepatan 131 mph, seperti yang dia lakukan terhadap Djokovic di semifinal Cincinnati dalam perjalanan ke ATP Masters 1000.

Namun petenis Rusia itu bertaruh terlalu banyak pada tie-break. Medvedev juga banyak melakukan kesalahan ganda pada 3/4. Zverev pun dengan mantap memanfaatkan hal tersebut dan menjaga keunggulannya.

Sang juara bertahan sukses mendaratkan bola sebanyak 81% dari servis pertamanya dan memenangkan 88% (45/51) poin.

"Semua pujian layak untuk Medvedev. Saya pikir dia akan sangat berbahaya tahun depan," tutur Zverev memuji penampilan sang lawan.

Zverev pun mengaku bahwa 02 Arena di London adalah tempat paling istimewa bagi dirinya. Karena di lapangan ini lah ia mampu menunjukkan permainan terbaiknya. Bagi Zverev, suasana di O2 adalah sesuatu yang tak bisa digantikan di tempat belahan dunia mana pun.

"Saya masih harus meningkatkan performa. Karena kami berada di semifinal sekarang dan itu tidak menjadi lebih mudah dari sini. Saya harus bermain tenis terbaik saya untuk mendapat kesempatan kembali juara," tutur Zverev. (OL-1)

BERITA TERKAIT