16 November 2019, 11:15 WIB

Daniel Olmo Debut, Spanyol Pesta Gol ke Gawang Malta


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

AFP/OSCAR DEL POZO
 AFP/OSCAR DEL POZO
Striker debutan timnas Spanyol Daniel Olmo (kiri) saat memamerkan jersey untuk Kualifikasi Piala Eropa 2020.

KENDATI telah memastikan lolos ke Piala Eropa 2020, Spanyol tanpa ampun menggasak Malta dengan skor akhir 7-0 tanpa balas dalam lanjutan Kualifikasi Piala Eropa Grup F, di Estadio Ramon de Carranza, Sabtu (16/11) dini hari.

La Furia Roja yang tampil sangat dominan tak memberikan ruang sedikit pun untuk lawan bisa mengembangkan permainan sejak laga dimulai. Juan Bernat dkk. terus menyapu lini pertahanan Malta namun baru bisa memetik keunggulan di menit ke-23.

Melalui skema sepak pojok, Morata sukses memanfaatkan bola hasil sundulan Gerard Moreno dari jarak dekat sehingga sanggup membawa Spanyol unggul, 1-0.

Terus menyerang, membuat kiper lawan Henry Bonello sibuk. Tiga menit berselang, giliran tandukan keras dari Sergio Ramos menyambar umpan silang Santi Cazorla nyaris menambah gol untuk Spanyol.

Sayang, usaha Ramos masih bisa digagalkan. Gol kedua bagi juara Piala Dunia 2010 itu akhirnya lahir melalui Cazorla yang melepaskan diri dari penjagaan dan melepaskan tembakan yang mengenai tiang kiri gawang.

Babak pertama pun berakhir dengan skor 2-0 bagi keunggulan Spanyol.

Meski telah unggul dua gol, tim asuhan Roberto Moreno itu terus menggeber serangan demi serangan. Paco Torres berhasil membuka keran pesta gol Spanyol pada menit ke-62 setelah memanfaatkan gawang yang kosong tanpa penjagaan akibat bola yang dibelokkan Alcacer.

Tak membutuhkan waktu lama, Spanyol kembali mencetak gol tambahan melalui pemain debutan tendangan cantic melengkung Sarabia.


Baca juga: Azzurri Ukir Rekor 10 Kemenangan Beruntun


Lolos dari jebakan offside, pemain debutan Daniel Olmo mencatat namanya terpampang di papan skor usai lolos dari jebakan offside dan melewati Bonello, di menit 69’.

Dua menit berselang, Spanyol kembali merayakan gol melalui gol kedua Moreno yang sukses menyelesaikan umpan Bernat dari jarak dekat.

Gol pamungkas diciptakan oleh tendangan jarak jauh Jesus Navas yang tak tabisa dihalau Bonello, sehingga skor menjadi 7-0, bagi Spanyol.

Sang pelatih, Moreno pun mengapresiasi kemenangan telah timnya. Ia mengaku kontribusi hebat dari pemain-pemain veteran seperti Cazorla, Ramos, dan Raul Albiol mampu meloloskan Spanyol ke Piala Eropa.

“Mereka memiliki kualitas seperti itu dan sulit untuk memenangkan turnamen tanpa pengalaman mereka. Mereka tidak hanya berkontribusi pada kinerja sendiri tetapi juga mengirimkannya ke orang lain,” tuturnya usai pertandingan.

"Saya perhatikan bahwa para pemain terus kompak dan sanggup menjaga momentum yang terus tumbuh. Itu sangat bagus bagi kami," tambahnya.

Kemenangan ini memastikan Spanyol lolos ke putaran final sebagai juara Grup F dengan 23 poin dari sembilan laga. Sementara Swedia mendampingi Spanyol yang berada di posisi runner-up dengan 18 poin. (OL-1)

BERITA TERKAIT