16 November 2019, 10:05 WIB

Azzurri Ukir Rekor 10 Kemenangan Beruntun


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

 AFP/STEFAN WERMUTH
  AFP/STEFAN WERMUTH
Bek timnas Italia Alessio Romagnoli menguasai bola saat berhadapan dengan gelandang Liechtenstein Robin Gubser dalam laga dini hari tadi.

ITALIA sukses mengukir rekor sepuluh kemenangan beruntun saat mengalahkan Bosnia-Herzegovina 3-0 dalam laga kualifikasi Euro 2020 di Stadion Bilino Polje, Sabtu (16/11) dini hari.

Italia menjaga kesempurnaan dengan bermain efektif sejak babak pertama. Tercatat, Gli Azzurri hanya delapan tendangan, yang empat di antaranya mengarah ke gawang. Tim tuan rumah mencatatkan peluang lebih banyak, yakni melepaskan 11 tendangan dan tiga tendangan mengarah ke gawang.

Italia membuka keunggulan di menit 21’ melalui Francesco Acerbi yang memanfaatkan umpan Nicolo Barella. Melakukan satu kecohan, Acerbi dengan canrik melesakkan tendangan yang tak bisa ditepis oleh kiper Bosnia Ibrahim Sehi.

Tak puas dengan satu gol, tim asuhan Roberto Mancini ini berhasil mencetak gol kedua melalui Lorenzo Insigne yang sanggup memerdayai Sehic dengan tendangan mendatar di menit ke-37.

Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan Italia 2-0 atas tuan rumah Bosnia.

Alih-alih bangkit di babak kedua, Bosnia malah bermain semakin melempem. Hal ini dimanfaatkan betul oleh Italia yang bermain semakin lepas.


Baca juga: Roy Keane: Pertikaian Sterling vs Joe Gomez Hal Lumrah


Gol kembali dicetak Italia di menit ke-52, melalui Belotti berkat kreasi Barella yang memudahkan sang striker untuk mencetak angka.

Kemenangan ini menjadi rekor baru Italia dengan mencatat 10 berturut-turut, melampaui sembilan kemenangan yang dicapai pada 1938-39.

Tak hanya itu, Roberto Mancini berhasil memecahkan rekor sebagai pelatih Italia pertama yang mampu mendulang sepuluh kemenangan secara berturut.

Di bawah tangan dingin Mancini, Italia juga sukses meraih enam kemenangan tandang berturut-turut untuk pertama kalinya.

"Sangat menyenangkan, namun ada rasa tidak menyenangkan ketika kami mengalahkan rekor yang dibuat oleh Vittorio Pozzo yang legendaris, tapi kami senang," ujar Mancini kepada Rai Sport.

"Ini adalah bukti kinerja yang sangat baik. Kami tahu itu tidak mudah, karena Bosnia solid, kuat, dengan teknik yang baik, tetapi kami segera mendapatkan permainan ciamik di jalur yang benar," tambahnya.

Kemenangan ini membuat Italia semakin kokoh di puncak klasemen Grup J.  Italia sukses mengumpulkan 27 poin dari 9 pertandingan. Italia sendiri telah memastikan tiket ke putaran final Eropa 2020 sejak pertandingan kualifikasi ketujuh. (OL-1)

BERITA TERKAIT