15 November 2019, 19:30 WIB

Foto Presiden Jokowi Kenakan Kaus Aica Aibon: Hasil Rekayasa


Antara | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
Presiden Joko Widodo dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Sabtu (24/3/2018).

SEBUAH foto yang menampilkan Presiden Joko Widodo dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto diunggah sebuah akun Facebook pada Minggu (10/11).

Dalam kiriman gambar itu, terlihat Kepala Negara tengah memakai kaus kuning bercorak merah bertuliskan "CHEAP & CHEERFUL HERE'S THE Aica Aibon". Sementara Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto pada kesempatan tersebut menggunakan kaus putih dengan siluet segi empat hitam berisi tulisan 1560.

Unggahan tersebut juga menunjukkan posisi Presiden Jokowi berjalan bersebelahan dengan Airlangga Hartarto. Sejumlah pohon besar dan sebuah bangunan putih juga menjadi latar dari gambar itu.

Hingga Rabu (13/11) sore, foto itu telah disukai sebanyak 146 orang, 37 komentar, serta telah dibagikan sebanyak 16 kali.

Foto hasil rekayasa.

 

Foto asli. (Sumber: Antara)

Penjelasan
Setelah ditelusuri dari koleksi foto milik Antara, didapatkan fakta gambar tersebut diambil di kompleks Istana Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (24/3).

Dalam keterangan foto Antara dijelaskan bahwa pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dilaksanakan sambil berolahraga.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Negara menggunakan kaus kuning polos. Sementara itu, Airlangga Hartarto memakai kaus putih polos.

Sehingga dapat disimpulkan foto Presiden Jokowi dengan kaus bertuliskan "CHEAP & CHEERFUL HERE'S THE Aica Aibon" serta gambar Airlangga Hartanto yang menggunakan kaus putih bersiluet segi empat hitam, merupakan hasil rekayasa digital dan telah melalui proses editing.

 

BERITA TERKAIT