15 November 2019, 18:43 WIB

Kementerian BUMN Evaluasi Kinerja 5 Perusahaan Pelat Merah


Faustinus Nua | Ekonomi

MI/ Mohamad Irfan
 MI/ Mohamad Irfan
Arya Sinulingga 

KEMENTERIAN Badan Usaha Milik Negara (BUMN) segera melakukan evaluasi kinerja 5 perusahaan pelat merah dalam dua pekan ke depan. Selain itu Kementerian BUMN juga akan menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk kelima perusahaan tersebut pada Desember 2019.

"Sampai akhir tahun kita kejar 5 BUMN ini. Mandiri, BTN, Inalum, PLN dan Pertamina akan dievaluasi. Kan gak harus kosong (Pertamina) baru kita evaluasi," kata staf ahli Kementerian BUMN Arya Sinulingga di komplek BUMN (15/11).

 

Baca juga: Ma'ruf Sebut 7 Pejabat BUMN akan Diganti

 

Saat ini, lanjutnya Menteri BUMN Erick Thohir dan tim sedang mempersiapkan proses evaluasi jajaran direksi dan komisaris 5 BUMN tersebut. Dari 5 BUMN tersebut, 4 BUMN saat ini dipimpin pelaksana tugas (Plt) yakni Bank Mandiri, BTN, Inalum dan PLN. Sementara untuk Pertamina saat ini dipimpin Nicke Widyawati selaku direktur utama (dirut) perseroan.

"Dievaluasi kalau kinerja bagus lanjut dong, yang kurang apa boleh buat. Atau misalnya pelayanan-pelayanan publiknya gak begitu baik diganti," imbuhnya.

Untuk pos BUMN yang dipimpin Plt, lanjunya sudah pasti akan ditunjuk dirut baru. Pasalnya, kewenangan Plt sangat terbatas dan tidak leluasa menentukan arah kebijakan perseroan.

Arya menambahkan pada awal Desember 5 BUMN akan melaksanakan RUPS. Akan ada perombakan pada kelima BUMN tersebut sesuai dengan hasil evaluasi kinerjanya masing-masing.(OL-8)

BERITA TERKAIT