15 November 2019, 15:15 WIB

Tito Imbau Kemendes Gunakan Teknologi untuk Pengawasan Dana Desa


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

MI/Susanto
 MI/Susanto
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian

KEMENTERIAN Dalam Negeri akan membantu Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi (PDT) dalam pelaksanaan program dan dana desa melalui pengawasan dan pembinaan bagi pengguna anggarannya. Kemudian pengawasan dana desa bisa jauh lebih efektif dengan penggunaan teknologi.

“Dana Desa memiliki peran besar dalam Program Prioritas Nasional Presiden Jokowi. Nah, pertemuan tadi dalam rangka membahas optimalisasi pemanfaatan dana desa. Kita tahu, masih banyak permasalahan dana desa yang memerlukan sinergi antara kementerian maupun lembaga, dan ini adalah salah satu bentuk kerjasama antar Kemendagri dan Kemendes PDTT untuk optimalisasi dana desa,” kata Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian usai menerima audiensi Menteri Desa PDT Abdul Halim Iskandar di ruang kerjanya, Gedung A Kemendagri, Jakarta, Jumat (15/11).

Menurut Tito, pembinaan dan pendampingan dana desa merupakan salah satu poin yang menjadi agenda utama dalam pembahasan dengan Mendes di kesempatan tersebut. Pihaknya mendorong Kemendes PDT menggunakan teknologi guna memastikan dana desa terserap dengan baik.

“Kami menyimpulkan perlu dilakukan pembinaan dan pendamping dana desa terutama peningkatan pengelolaan dana desa berbasis IT," katanya.

Ia mengatakan penggunaan teknologi dapat mempermudah dan mengantisipasi kecurangan dalam proses pengawasan dana desa. Kemudian data yang terkumpulnya pun dengan cepat diketahui secara terkhini.

"Nantinya bagi desa yang serapannya rendah maka Kemendes PDT akan melapor ke Kemendagri, agar dilakukan pembinaan,” pungkasnya.(OL-4)

BERITA TERKAIT