15 November 2019, 13:30 WIB

Agen Pemain Ancam Gugat FIFA Terkait Pembatasan Komisi


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

AFP/VALERY HACHE
 AFP/VALERY HACHE
Agen Paul Pogba, Mino Raiola

SEKELOMPOK agen pemain sepak bola yang dipimpin Mino Raiola berencana menggugat FIFA terkait rencana pembatasan komisi transfer pemain.

Forum Agen Sepak Bola (FAF), organisasi yang dipimpin agen Paul Pogba itu, mengancam akan mengajukan gugatan setelah FIFA secara prinsip menyepakati untuk membatasi komisi penjualan pemain menjadi 10% dan komisi gaji menjadi 3% bauk untuk agen pemain maupun agen klub.

FAF menuding FIFA membatasi persaingan bebas dan menyebut aturan yang akan diberlakukan mulai musim depan melanggar undang-undang antitrust.

"Kami terus berharap FIFA dan semua asosiasi sepak bola bisa mengerti situasi saat ini dan menahan diri untuk mengimplemasikan aturan itu. Kami berharap ada dialog mengenai aturan tersebut," ungkap surat yang ditandatangani Raiola, Roger Wittman, dan Jonathan Barnett.

Baca juga: Thierry Henry Kembali Jadi Pelatih

"Jika tidak, pengadilan yang akan memeutuskan validitas aturan itu serta kompensasi atas kerugian yang kami alami," imbuh surat tersebut.

FIFA membalas surat itu dengan mengatakan bahwa aturan tersebut dibuat lewat proses panjang termasuk konsultasi dengan sejumah agen.

Raiola, yang juga merupakan agen Zlatan Ibrahimovic, ujar FIFA, ambil bagian dalam empat pertemuan formal antara asosiasi sepak bola dunia itu dengan para agen pemain pada tahun lalu.

"Aturan ini bertujuan meningkatkan transparansi, melindungi pemain, meningkatkan stabilitas, dan meningkatkan standar profesionalisme serta etik," tambah FIFA. (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT