15 November 2019, 11:22 WIB

Like di Instagram Mulai Hilang untuk Pengguna Indonesia


Antara | Teknologi

AFP/DENIS CHARLET
 AFP/DENIS CHARLET
Logo Instagram

INSTAGRAM, mulai hari ini, Jumat (15/11), menguji coba penyembunyian fitur menyukai atau like untuk para pengguna mereka di Indonesia.

"Kami mendengar respons yang positif dari para pengguna yang telah menjadi bagian dari uji coba itu. Maka, kami ingin mendengar dari pengguna kami di negara-negara lain," kata Kepala Instagram Adam Mosseri dalam keterangan tertulis, Jumat (15/11).

Pengguna yang menjadi peserta uji coba akan mendapat notifikasi di bagian atas News Feed Mereka. Selama uji coba, pengguna hanya bisa melihat jumlah like pada foto sendiri.

Instagram menghilangkan jumlah like saat pengguna melihat unggahan milik teman. Pengguna hanya bisa melihat siapa teman yang sama (mutual friend) yang menyukai foto atau video tersebut.

Baca juga: Facebook Luncurkan Logo Perusahaan

Uji coba itu juga berlaku untuk fitur view video. Pengguna tidak lagi bisa melihat jumlah view pada video unggahan teman.

Untuk melihat like dan view pada unggahan pribadi, pengguna bisa mengetuk daftar like yang ada di bawah unggahan.

Instagram menilai jumlah like yang tersembunyi akan membantu kesehatan mental para penggunanya karena mereka tidak lagi terfokus pada berapa like yang didapatkan.

"Kami berkomitmen membangun ekosistem yang positif. Kami juga terus mencari cara agar pengguna Instagram bisa merasa lebih nyaman dalam berekspresi dan fokus pada foto dan video yang mereka bagikan, dan bukan berapa jumlah like yang mereka dapatkan," kata Mosseri.

Fitur jumlah like tersembunyi pada beberapa bulan lalu telah diuji coba di Brasil, Kanada, Australia, Irlandia, Italia, dan Selandia Baru. (OL-2)

BERITA TERKAIT