15 November 2019, 07:29 WIB

Inggris Jebol Gawang Montenegro Tujuh Kali


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

AFP/Glyn KIRK
 AFP/Glyn KIRK
Tammy Abraham melakukan selebrasi usai mencetak gol ketujuh Inggris ke gawang Montenegro.

INGGRIS memastikan diri lolos ke Piala Eropa 2020 setelah menang telak 7-0 atas Montenegro dalam laga ke-1.000 the Three Lions, Jumat (15/11).

Meski tanpa kehadiran Raheem Sterling yang dicoret pelatih Gareth Southgate setelah menyerang bek Joe Gomez di kamp latihan timnas, Inggris membuktikan bahwa mereka layak menjadi salah satu tim favorit di PIala Eropa 2020.

Hary Kane naik ke peringkat enam daftar pencetak gol terbanyak timnas Inggris setelah membukukan hattrick di babak pertama.

Dalam tujuh laga kualifikasi Piala Eropa 2020, Kane telah mencetak 11 gol.

Alex Oxlade-Chamberlain, Marcus Rashford, gol bunuh diri Alesandar Sofranac, dan gol pertama Tammy Abraham untuk timnas memastikan timnas Inggris memuncaki klasemen Grup A dengan torehan 33 gol dari tujuh laga.

"Di masa lalu, kita kerap kesulitan melawan tim semenjana yang bermain bertahan total. Namun, kini, kami memiliki pemain yang bisa membongkar pertahanan lawan dan pola permainan yang mendukung hal itu. Kami kini lolos ke Piala Eropa 2020," ungkap Southgate.

Baca juga: Penalti Giroud Antar Prancis Kalahkan Moldova

Setelah pekan penuh warna dengan insiden Sterling membuat Southgate dikritik, timnas Inggris menjawab keraguan banyak pihak mengenai kekuatan mereka.

"Kualitas permainan menyerang kami sangat luar biasa," kata Southgate. "Kami memang memperkirakan akan menjadi juara grup. Namun, kami melakukannnya dengan meluluhlantakkan lawan."

Oxlade-Chamberlain melanjutkan performa apiknya bersama Liverpool dengan membuka keunggulan Inggris pada menit 11 setelah menerima umpan silang Ben Chilwell.

Performa apik Chilwell bersama Leicester City membuat dia dipercaya Southgate menjadi bek kiri menggusur posisi Danny Rose. Chilwell pun membuktikan keputusan sang pelatih tepat dengan memberikan tiga assist di babak pertama.

Kane kemudian menggandakan keunggulan Inggris pada menit 19 memanfaatkan tendangan bebas Chilwell.

Kesalahan lini belakang Montenegro membuat Kane sukses mencetak gol keduanya pada menit 24 kembali memanfaatkan umpan dari Chilwell.

Rashford yang bermain di posisi yang ditinggalkan Sterling terlihat bertekad membuktikan diri dengan mencetak gol keempat timnas Inggris pada menit 30 setelah menerima umpan silang bek Liverpool Trent Alexander-Arnold.

Alexander-Arnold kemudian memberikan assist untuk Kane yang membukukan hattrick pada menit 37.

Itu merupakan gol ke-31 Kane untuk timnas Inggris sehingga dia melewati torehan gol Tom Finney, Alan Shearer, dan Nat Lofthouse yang membukukan 30 gol untuk the Three Lions.

Gol keenam Inggris berasal dari gol bunuh diri pemain Montenegro Sofranac, saat laga menyisakan 24 menit.

Abraham kemudian memastikan Inggris menang 7-0 pada menit 84 memanfaatkan umpan silang Jadon Sancho. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT