15 November 2019, 07:01 WIB

Ronaldo Hattrick, Portugal Gunduli Lithuania


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA
 AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA
Cristiano Ronaldo

CRISTIANO Ronaldo mencetak hattrick kesembilannya untuk timnas Portugal saat Selecao das Quinas membukukan kemenangan telak 6-0 atas Lithuania dalam laga kualifikasi Piala Eropa 2020 di Faro, Jumat (15/11) dini hari WIB.

Meski menang telak, juara bertahan Piala Eropa itu belum dipastikan llos ke Poala Eropa 2020 karena Serbia sukses menang 3-2 atas Luksembourg di laga Grup B lainnya.

Ronaldo tidak bermain penuh di dua laga terkahir Juventus. Pelatih La Vecchia Signora Maurizio Sarri beralasan mantan penyerang Real Madrid itu dibekap cedera lutut.

"Saya tahu Ronaldo bisa bermain tanpa masalah," tegas pelaith Portugal Fernando Santos.

"Penampilannya dalam laga ini mengakhiri keraguan mengenai kondisi fisiknya. Saya, secara pribadi tidak pernah meragukan dia," imbuhnya.

Baca juga: Panggung Bintang Muda Azzurri

Portugal menduduki peringkat dua klasemen Grup B di belakang Ukraina yang telah memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2020. Ronaldo dan kawan-kawan akan memastikan lolos jika menang di Luksembourg, Minggu (17/11).

Saat ini, Ronaldo telah mencetak 98 gol untuk timnas Portugal dan berharap bisa menjadi pemain kedua yang mencetak 100 gol pada akhir pekan mendatang.

Striker legendaris Iran Ali Daei masih memegang rekor gol terbanyak untuk timnas dengan torehan 109 gol.

Ronaldo membuka kemenangan Portugal saat laga baru berlangsung tujuh menit dari titik penalti setelah dirinya dijatuhkan di kotak terlarang.

Penyerang Juventus itu kemudian mencetak gol keduanya dari tendangan jarak jauh pada menit 22.

Gelandang Benfica Pizzi membuat kedudukan menjadi 3-0, tujuh menit sebelum jeda.

Gol dari Goncalo Paciencia dan Bernardo Silva membuat Portugal unggul 5-0 sebelum menit 60 dan Ronaldo memastikan diri mencetak hattrick pada menit 65.

Hattrick itu merupakan hattrick ke-55 sepanjang karier Ronaldo. Penyerang berusia 34 tahun itu telah mencetak 13 gol dalam tujuh penampilan terakhirnya untuk Portugal. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT