14 November 2019, 23:05 WIB

Wisuda 106 Mahasiswa, Matana University Siap Sumbang SDM Unggul


Ghani Nurcahyadi | Humaniora

Dok. Matana University
 Dok. Matana University
Wisuda Matana University

LULUSAN perguruan tinggi dituntut untuk memiliki bekal yang cukup untuk menghadapi era megatrends yang saat ini sedang mempengaruhi semua sektor kehidupan. Karena itu, penguasaan soft skill menjadi penting bagi mahasiswa ketika lulus.

Pesan itu mengemuka dalam Wisuda kedua sekaligus Dies Natalies V Matana University di Gading Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (14/11). Sebanyak 106 mahasiswa dari 7 program atudi dalam wisuda tersebut.

Rektor Matana University Arri Basuseno mengatakan, mahasiswa kampusnya dididik secara seimbang dengan memperhatikan pengetahuan akademik, pengembangan kemampuan soft skills dan pembentukan karakter mahasiswa yang bersifat menyeluruh.

"Dengan Matana Values yang di dapatkan oleh para lulusan Matana University, diharapkan menghasilkan Sumber Daya Manusia yang unggul dan berkualitas tinggi dalam bersaing di era Megatrends dan dapat membantu negara agar dapat lebih maju kedepannya," kata Arri dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga : Pengamat: Kualitas Dosen LPTK Harus Diperbaiki

Menurutnya, lulusan Matana University harus memiliki tiga karakteristik yang utama. Pertama, moralitas dan integritas, berkaitan dengan spiritual aspek dari seorang lulusan karena itu sangat menentukan kualitas dan integritas dari seorang manusia ketika dia lulus dari sini.

"kedua, pemahaman akan pengetahuan juga penguasaan mereka terhadap ilmu yang mereka dapatkan dari Universitas Matana dan yang ketiga adalah kemampuan mereka untuk berkolaborasi dengan orang lain,” jelas Arri.

Dengan karakteristik tersebut, ujar Arri, setelah keluar dari Matana University dan berbaur dengan orang lain, mahasiswa dapat bersinergi dengan siapa saja dan tak perlu merasa pandai sendiri.

“Harapan kami tentunya semua wisudawan wisudawati bisa berguna bagi bangsa dan negara,” tegasnya.

Dalam wisuda tersebut Wakil.Ketua Umum Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Prito Budi Santoso turut hadir dan memberikan semangat pada lulusan Matana University untuk menjadi insan yang berguna bagi masyarakat dan negara. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT