14 November 2019, 22:35 WIB

Didi Kempot Bocorkan Makna Lagu Stasiun Balapan


Galih Agus Saputra | Hiburan

Antara
 Antara
Didi Kempot

PENONTON berjoget ria sambil bertepuk tangan dan menggoyangkan badan ketika lagu ‘Stasiun Balapan’ meluncur dari mulut Didi Kempot di Studio Metro TV, Jakarta, Kamis (14/11).

Musikus bernama asli Didi Prasetyo tersebut mendapat kesempatan tampil dalam taping program bincang Kick Andy yang nantinya tayang di Metro TV. Bagi Sobat Ambyar, sebutan untuk fans Didi, lagu ini memiliki saart makna.

Sebab, selain dikenal sebagai salah satu hit yang cukup digandrungi, lagu tersebut juga menjadi judul album pertama Didi Kempot yang dirilis pada 1999.

Kepada Pembawa Acara Kick Andy, Andy F. Noya, Didi menceritakan makna di balik lagu tersebut. Lagu itu, jelasnya, bercerita tentang sebuah kesetiaan yang diingkari. Pada suatu waktu ada seseorang yang pamit baik-baik kepada kekasihnya untuk menuju ke sebuah kota. Sang kekasih lantas mengantarkan ke stasiun sambil menangis melepas keberangkatannya.

“Jangan khawatir, saya pasti cepat pulang. Katanya seperti itu. Janjinya tidak sampai sebulan sudah kasih kabar lagi. Tapi ternyata, setelah ditunggu dua minggu tidak ada kabar. Dua bulan semakin tidak jelas, apalagi setahun. Ini lupa atau memang sengaja melupakan sebenarnya? Ternyata di situ lah ada ingkar janji tadi. Ini cerita tentang tetangga sebelah,” kata Didi, sambil tertawa terbahak-bahak saat diwawancarai Andy, Kamis (14/11).

Didi dikenal sebagai salah satu musikus tanah air yang sangat produktif. Sekira 700 lagu pernah ditulisnya, yang sebagian besar mengisahkan perasaan sakit hati dan menggunakan lirik bahasa Jawa.

Menurut Didi, bahasa Jawa dipilih sebagai lirik lantaran ingin melestarikan budaya di sekitarnya. Melalui hal itu pula, ia juga berharap pada musisi di daerah lainnya agar selalu merawat budaya atau lagu tradisional setempat. (OL-8)

BERITA TERKAIT