15 November 2019, 01:20 WIB

Panggung Bintang Muda Azzurri


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

Photo by Alberto PIZZOLI / AFP)
 Photo by Alberto PIZZOLI / AFP)
Pelatih Italia Roberto Mancini saat pertandingan sepak bola kualifikasi Grup J UEFA Euro 2020 antara Italia dan Yunani di stadion Stadio Oli

TIKET putaran final Piala Eropa (Euro) 2020 yang sudah teraih membuat pelatih Italia Roberto Mancini berkesempatan menampilkan beberapa pemain muda bertalenta di level Eropa.

Itu dilakukan mantan legenda Lazio itu ketika Italia bertandang ke Stadion Bilino Polje, markas Bosnia dan Herzegovina, laga lanjutan Grup J Kualifikasi Euro 2020, dini hari nanti.

Italia sudah memastikan diri lolos dengan menyapu delapan laga dengan kemenangan. Karena tengah di atas angin, Mancini memanggil para pemain muda untuk memberikan jam terbang.

Ketiga pemain muda yang dipanggil dan berkesempatan mencatatkan laga debut ialah Gaetano Castrovilli, Riccardo Orsolini, dan Andrea Cistana.

Castrovilli tampil bagus pada musim ini. Ia telah tampil reguler di Fiorentina. Pemain berusia 22 tahun itu melesakkan 3 gol di 12 pertandingan Seri A.

"Ini merupakan mimpi setiap anak untuk membela negara. Saya tidak berpikir untuk berhenti sampai di sini, tapi ini seperti permulaan, dan saya percaya saya akan bisa tampil lebih banyak bersama Azzurri," ungkap Castrovilli.

Cistana merupakan bek yang dipercaya menjadi starter di lini pertahanan Brescia. Pemain berusia 22 tahun itu telah mencatatkan 11 penampilan di Seri A.

Namun, dari pihak tuan rumah, kemenangan ialah hasil yang wajib diraih. Pasalnya Bosnia membutuhkan tiga poin untuk memperebutkan satu tiket tersisa.

Saat ini, Bosnia berada di peringkat ke-4 dengan raihan 10 poin. Mereka tertinggal lima poin dari Finlandia. Dengan dua pertandingan tersisa, peluang Edin Dzeko dan kolega cukup kecil. Pasalnya, mereka harus memastikan Finlandia takluk di laga sisa. Lalu, Rumania yang berada di peringkat ke-3 juga harus mengalami dua kekalahan.

Tugas Bosnia dan Herzegovina tentu sangat berat. Selain harus menunggu hasil tim lain, Miralem Pjanic dan kawan-kawan harus melawan Italia yang tengah dalam motivasi tinggi, khususnya bagi Roberto Mancini. Itu disebabkan Mancini berpeluang melampaui rekor pelatih legendaris Vittorio Pozzo dengan mencetak sembilan kemenangan beruntun bersama Azzurri.

Tetap serius

Di Grup F, Spanyol yang sudah pasti lolos bakal tetap serius menjamu Malta, dini hari nanti. Gelandang Spanyol, Rodri, tetap serius menatap laga untuk mempersembahkan kemenangan kepada penonton yang memadati Estadio Ramon de Carranza, Cadis.

"Saya pernah bermain di Carranza dan ini stadion yang bagus dengan dukungan penonton yang meriah. Kami ingin memberi mereka pertandingan yang menarik dan tentunya kemenangan," kata gelandang Manchester City itu.

Laga kali ini juga akan menjadi pentas bagi pemain muda untuk mencatatkan debut bersama La Furia Roja yang ditukangi Robert Moreno. Salah satunya ialah bek Villarreal berusia 22 tahun, Pau Torres. Pau pada musim ini tampil sangat konsisten bersama klubnya.

Selain Pau, pemain debutan yang dipanggil Moreno ialah Dani Olmo. Pemain berusia 21 tahun itu merumput bersama Dinamo Zagreb di Liga Rusia. (Footballitalia/Sefutbol/R-2)

BERITA TERKAIT