14 November 2019, 20:16 WIB

Anies Godok Aturan Operasional Skuter Listrik


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

MI/ Adi Maulana Ibrahim
 MI/ Adi Maulana Ibrahim
Sejumlah warga menggunakan skuter listrik Grab Wheels di Kawasan FX Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (13/11)

GUBERNUR  DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan pihaknya tengah menggODOK aturan untuk penggunaan skuter listrik.

Aturan ini akan dibuat menyusul kecelakaan yang terjadi menimpa pengendara Grab Wheels hingga mengakibatkan korban jiwa di kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (10/11) pukul 03.45 WIB. Pelaku berinisial DH mengemudikan sedan Toyota Camry dengan kecepatan 40-50 kilometer per jam dalam pengaruh alkohol.

Namun, Anies tidak bisa menjelaskan secara rinci mengenai aturan tersebut.

"Ada nanti pergub (peraturan gubernur). Itu sedang dibuat, detailnya dengan Dinas Perhubungan," kata Anies di Jakarta, Kamis (14/11).

 

Baca juga: Pengamat Desak Pemerintah Buat Aturan Skuter Listrik

 

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengungkapkan pergub yang dibuat akan tetap mengacu pada Undang-undang No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Lalu juga ada Peraturan Pemerintah No 55 tahun 2012 tentang Kendaraan dan Peraturan Pemerintah No 74 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Angkutan.

"Dalam pergub ini, akan kita lakukan pengaturan tentang spesifikasi kendaraan sehingga memenuhi aspek keamanan, kenyamanan, baik pengguna maupun masyarakat yang berlalu lintas" ujarnya.

Syafrin menyebut sudah memanggil pihak operator skuter listrik untuk mengoordinasikan aturan itu. Ia juga telah menyampaikan kepada mengatur agar mengatur skuter listrik tidak digunakan di trotoar dan hanya di jalur sepeda. (OL-8)

BERITA TERKAIT