14 November 2019, 19:30 WIB

Polisi Dalami Keterlibatan Pihak Lain dalam Bom Medan


Tri Subarkah | Politik dan Hukum

MEDIA INDONESIA/SUSANTO
 MEDIA INDONESIA/SUSANTO
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo

POLISI menegaskan bahwa Rabbial melakukan aksi pengeboman di Mapolrestabes Medan seorang diri. Hal itu sekaligus membantah pernyataan Menkopolhukam Mahfud MD sebelumnya terkait adanya satu bomber yang lari saat kejadian.

"Tidak terlihat (bomber yang lari). Pelaku tunggal. Bom bunuh diri pelakunya tunggal. Ini masih kita dalami dulu ya untuk jejaring maupun kelompoknya," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mako Brimob Kelapa Dua Depok, Kamis (14/11).

Walakin, Dedi memastikan Tim Densus 88 Antiteror masih terus bekerja dan mengembangkan kasus tersebut.

"Apakah pelaku ini betul-betul melakukan aksinya seorang diri atau ada pihak2 lain yang mungkin tidak terstruktur mensupport pelaku ini untuk melakukan aksi terorisme," ujarnya.

Berbagai langkah konkrit yang dilakukan untuk pengembagan antara lain upaya preventif di berbagai wilayah di Indonesia. Hal itu sebagai upaya agar aksi terorisme tidak terulang lagi.

"Dari Densus 88 yang ada di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, maupun Jawa Timur juga terus memonitor sleeping-sleeping cell yang masih ada di lapangan atau wilayah. Termasuk yang ada di Sumatra Utara, Riau maupun di beberapa wilayah," terang Dedi. (OL-4)

BERITA TERKAIT