14 November 2019, 18:50 WIB

Gempa di Pesisir Selatan Kejutkan Warga Padang


Yose Hendra | Nusantara

Ilustrasi
 Ilustrasi
Ilustrasi

GEMPA kejutkan masyarakat Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar), setidaknya guncangan dirasakan di wilayah Solok, Padang Panjang, Padang Pariaman, hari ini.

Tidak sedikit yang berhamburan ke luar rumah atau bangunan. Misalnya di kawasan Andalas, guncangan gempa membuat warga berhamburan ke luar rumah.

Hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa berkekuatan 4,8 skala richter (SR) berlokasi di darat pada jarak 64 kilometer barat daya Pesisir Selatan, Sumbar. tepatnya episenter terlat pada koordinat 1.88 LS 100.35 BT, pada kedalaman 16 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat
aktivitas sesar Mentawai yang berdekatan dengan pusat episenter," jelas Kepala Stasiun Geofisika Klas I Silaing Bawah Irwan Slamet.

Dia menambahkan, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah di Solok, Padang Panjang, Padang,Pariaman II MMI.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pintanya. (OL-11)

 

BERITA TERKAIT