14 November 2019, 18:36 WIB

Siti Nurbaya Bangga dengan Capaian Ditjen Gakkum KLHK


Atalya Puspa | Humaniora

MI/RAMDANI
 MI/RAMDANI
Menteri KLHK Siti Nurbaya

DIREKTORAT Jenderal Penegakan Hukum (Ditjen Gakkum) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meraih penghargaan Asia Environmental Enforcement Awards 2019 yang digelar UN Environment Programme (UNEP) bekerja sama dengan Pemerintah Norwegia.

Penghargaan itu diberikan berkat komitmen dan kontribusi yang dilakukan dalam memerangi kejahatan lingkungan.

Berkaitan dengan itu, Menteri KLHK Siti Nurbaya mengaku bangga dengan capaian tersebut. Dirinya menilai, penghargaan tersebut merupakan pengakuan penting yang diberikan terhadap kebijakan pada pemerintahan Joko Widodo.

"Ini merupakan pengakuan atas kebijakan bapak Presiden Jokowi dan upaya pemerintah mengatasi kerusakan lingkungan; dan menegakkan aturan bidang lingkungan sehingga kita bisa terus menjaga alam kita, lingkungan kita menjadi baik," kata Siti kepada Media Indonesia, Kamis (14/11).

Dirinya mengungkapkan, selama ini pihaknya dengan sungguh-sungguh menjalankan mandat UUD 1945 pasal 28H yang berbunyi "Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan."

Baca juga: Kementerian LHK dan Polri Tingkatkan Sinergi Tangani Karhutla

Dirinya mengakui, Ditjen Gakkum KLHK yang baru terbentuk pada 2015 menemui sejumlah tantangan yang berat, diantaranya kebakaran hutan yang terjadi.

"Langkah-langkah operasionalnya kita pikirkan bersana-sama, menemukan cara dan pola-pola operasional, apalagi menjelang akhir 2015 kita menghadapi masa paling sulit yaitu kebakaran hutan; yang salah satu jawabannya haruslah langkah law enforcement. Kita berpikir dan bekerja keras karena tantangan yang berat," tuturnya.

Dengan capaian tersebut, Siti berkomitmen untuk terus menciptakan lingkungan yang nyaman bagi masyarakat

"Saya berterima kasih atas penghargaan dan apresiasi tersebut. Kepercayaan masyarakat dan khususnya dari internasional ini akan kami jaga sebaik-baiknya," tandasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT