14 November 2019, 17:55 WIB

Menpora Tidak Berani Targetkan Juara Umum di Sea Games 2019


Despian Nurhidayat | Olahraga

ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
 ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Menpora Zainudin Amali

JELANG penyelenggaraan SEA Games 2019 yang akan dilaksanakan di Filipina akhir November nanti, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali optimis Indonesia mampu mendulang 45 hingga 50 medali emas. Hal ini pun dikatakan guna memperbaiki peringkat Indonesia dalam ajang multievent terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Ditemui di Gedung Kemenpora, Senayan pada Kamis (14/11), Zainudin mengatakan bahwa kini fokus Indonesia hanya untuk meningkatkan peringkat saja.

"Mudah-mudahan dengan target kurang lebih 45-50 medali emas akan memperbaiki peringkat kita. Saya nggak berani menjanjikan untuk menjadi juara umum dan sekarang fokusnya meningkatkan saja. Saya mengatakan hal ini, mengingat di ajang Asian Games tahun lalu, kita punya haralan lebih bahwa ada potensi-potensi kita untuk menambah medali," ungkapnya.

Baca juga: DPR Harapkan Indonesia Juara Umum SEA Games Filipina

Selain itu, Zainudin juga memastikan bahwa saat ini Kemenpora sudah memiliki total anggaran untuk bonus para atlet yang dapat mendulang prestasi di SEA Games kelak. Meskipun begitu, dia mengatakan bahwa jumlah tersebut belum dapat dirincikan dan harus menunggu hasil yang didapatkan.

"Jadi ketentuan bonus sudah ada standar yang telah kita bagikan minggu lalu, total sebesar Rp8 miliar untuk semua cabor. Untuk peraih medali emas, perak dan perunggu belum bisa dirincikan karena kita kan belum tahu siapa aja yang dapet medali," lanjut Zainudin.

Lebih lanjut, Zainudin mengatakan bahwa saat ini kontingen Indonesia tinggal menunggu pelepasan secara resmi dari Presiden Joko Widodo. Kemungkinan besar, acara pelepasan sendiri dikatakan akan berlangsung pada akhir pekan ini atau pekan depan. (OL-4)

BERITA TERKAIT