14 November 2019, 17:09 WIB

Wah, Ratusan Warga Tegal Terserang HIV


Supardji Rasban | Humaniora

Ilustrasi
 Ilustrasi
Ilustrasi

SEBANYAK 310 warga di Kota Tegal, Jawa Tengah, terserang penyakit human immunodeficiency virus (HIV). Jumlah itu sekitar 0,1 persen dari 285 ribu jumlah penduduk Tegal.

Data tersebut disampaikan Walikota Tegal, Dedy Yon Supriyono saat menghadiri seminar soal HIV bertajuk "Generasi Sehat Indonesia Unggul, Bersama Masyarakat Meraih Sukses" di gedung Adipura Komplek Balaikota Tegal, hari ini.
     
Dedy menyebut banyaknya warga Kota Tegal yang terkena penyakit HIV/AID faktor penyebabnya banyak seperti keturunan, penularan, seks bebas dan ekonomi.

''Karenanya orang tua supaya mengawasi anak-anak masing-masing agar tidak terjerumus ke hal negatif,'' pinta Dedy.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, Sri Primawati Indraswari, menyampaikan tujuan Seminar HIV untuk meningkatkan peran serta kepedulaian dan keterlibatan baik pemerintah instansi terkait swasta dan masyarakat.

"Ini untuk mewujudkan zero HIV/AIDS pada 2030 serta mengurangi stigma dan diskriminasi pederita HIV/AIDS," ucap Sri Primawati.

Menurut Sri Primawati seminar dihadiri 200 peserta yang terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Tegal, camat, lurah, organisasi profesi kesehatan, kepala puskesmas, LSM dan unsur Ormas.
     
"Seminar ini merupakan rangkaian aperingatan Hari Kesehatan Nasional yang ke-55 tahun 2019," jelasnya. (OL-11)

 

BERITA TERKAIT