14 November 2019, 15:18 WIB

Presiden Minta Pembangunan SDM Bukan Sekedar Dapat Sertifikasi


Nur Aivanni | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
Presiden Joko Widodo

PRESIDEN Joko Widodo meminta agar realisasi pembangunan sumber daya manusia (SDM) tidak hanya sekedar menghasilkan sertifikat training, tetapi harus berbuah kualitas. Hal itu disampaikannya dalam acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2020.

"Pembangunan SDM, ini juga harus riil, bukan hanya dapat sertifikat training, hanya sertifikat basa basi. Banyak bertahun-tahun pegang sertifikat tapi kualitas yang di-training-kan tidak memperlihatkan skill dari SDM kita. Ini enggak mau saya," katanya di Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/11).

Maka itu, ia pun telah mewanti-wanti kepada pemangku kepentingan yang berhubungan dengan pembangunan SDM agar itu bisa terealisasi secara konkrit. Selain itu, ia juga akan mengawasi anggaran puluhan triliun yang dikucurkan untuk pengembangan SDM tersebut.

"Saya sudah wanti-wanti yang berhubungan pembangunan SDM. Betul-betul konkrit, entah mau cetak barista, teknisi programming, teknisi coding sehingga betul-betul konkrit, ada, skill SDM kita naik, bukan hanya dapat sertifikatnya," jelasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT