14 November 2019, 15:07 WIB

Mahfud: Jaringan Teroris Bom Medan Sudah Teridentifikasi


Golda Eksa | Politik dan Hukum

MI/ Mohamad Irfan
 MI/ Mohamad Irfan
Mahfud MD

MENTERI Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, menegaskan pemerintah melalui aparat keamanan sudah mengindentifikasi jaringan teroris yang terlibat teror bom bunuh diri di Markas Polrestabes Medan, Sumatra Utara.

Namun, Mahfud enggan menjelaskan secara detail terkait informasi tersebut. Ia juga mengaku bahwa pihak kepolisian yang menangani perkara itu telah menangkap beberapa pelaku.

"Sudah. Sudah dapat laporan dan biar dijelaskan oleh Polri. Sudah ada delapan orang yang ditangkap," kata Mahfud kepada wartawan di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (14/11).

Ia menambahkan, proses deradikalisasi untuk sel-sel teroris yang masih aktif di negeri tidak sesederhana seperti yang dibayangkan. Menurutnya, ada tiga cara untuk melaksanakan proses deradikalisasi.

"Kalau tindakan melanggar hukum, ya dibawa ke hukum. Kalau tindakan ideologis dibawa ke wacana, dan kalau tindakan ujaran kebencian dibawa ke KUHP, kan gitu. Itu tidak bisa sederhana. Gimana deradikalisasinya? Itu tiga cara tadi," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT