14 November 2019, 14:45 WIB

Tsitsipas Bertekad Singkirkan Nadal dari ATP Finals


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga

AFP/Adrian DENNIS
 AFP/Adrian DENNIS
Stefanos Tsitsipas

PESERTA termuda ATP Finals Stefanos Tsitsipas memastikan tempat di babak semifinal setelah tampil memukau dengan mengalahkan juara bertahan, Alexander Zverev, dengan skor 6-3 dan 6-2, Kamis (14/11) dini hari.

Meski telah memastikan diri lolos ke semifinal ATP Finals, petenis berusia 21 tahun itu tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan menyingkirkan petenis rangking satu ATP Rafael Nadal.

Keduanya akan bertarung dalam lanjutan fase grup ATP Finals di The O2 Arena, London, Inggris, Jumat (15/11).

Tsitsipas mengakui dirinya sangat menyukai tantangan. Karenanya, ia ingin petenis asal Spanyol itu tidak memiliki peluang untuk lolos ke semifinal.

“Saya akan memberikan segalanya saat pertandingan melawan Nadal. Saya akan mencoba memberikan jiwa saya dan saya pikir itu juga tantangan yang sangat buruk bagi saya,” tutur Tsitisipas.

Baca juga: Tekuk Zverev, Tsitsipas Raih Tiket ke Semifinal ATP Finals

Sambil menyelam minum air, Tsitsipas juga ingin mendapatkan sebanyak mungkin pelajaran dari pertandingan melawan Nadal.

Nadal sendiri sejatinya punya rekor pertemuan lebih baik dari sang lawan, dengan memenangi empat dari lima duel dengan Tsitsipas. Sementara petenis asal Yunani itu hanya sanggup menang sekali atas Nadal.

Kendati unggul, Nadal tetap harus waspada. Pasalnya, Tsitsipas kini menduduki peringkat enam ATP lebih diunggulkan di ATP Finals. Dari dua laga terakhir, Tsitsipas sukses mengalahkan Daniil Medvedev, dan terakhir membuat juara bertahan, Zverev, tersungkur.

Tsitsipas semakin percaya diri lantaran dalam debutnya di ATP Finals, ia masih belum kehilangan satu set pun.

“Saya percaya bahwa saya memiliki performa yang baik hari ini. Sangat bagus untuk mengetahui bahwa saya akan bermain di semifinal, tetapi saya harus berkonsentrasi, untuk terus melaju,” ucapnya.

“Saya selalu menemukan motivasi ekstra, alasan ekstra untuk bermain bagus melawan Nadal sang peringkat satu dunia,” tambahnya.

Kemenangan atas Zverev memang menjadi modal besar untuk Tsitsipas. Juara tiga kali ATP Tour juga tiba di London dengan tampil meyakinkan dengan kalahkan Medvedev setelah lima percobaan terakhir selalu kalah.

Ia mengalahkan petenis Rusia itu untuk pertama kalinya di ATP Finals. Hal tersebut semakin menegaskan bahwa Tsitsipas merupakan ancaman berbahaya petenisnya dalam perebutan gelar. (atptour/OL-2)

BERITA TERKAIT