14 November 2019, 11:39 WIB

Pelaku Bom Medan Diduga Terpapar Radikalisme Lewat Istri


Tri Subarkah | Nusantara

ANTARA/Septianda Perdana
 ANTARA/Septianda Perdana
 Personel penjinak bom memeriksa sebuah sepeda motor yang diduga milik pelaku bom bunuh diri di Polrestabes Medan

POLISI menduga Rabbial Muslim Nasution, pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan terpapar radikalisme dari sang istri yang bernama Dewi Anggraini.

"Patut diduga dia (Rabbial) terpapar dari istrinya dulu baru kemudian terpapar di media sosial jejaring istrinya," kata Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mako Brimob Kelapa Dua, Kamis (14/11).

Saat ini, Tim Densus 88 Antiteror telah mengamankan Dewi.

Dedi mengatakan Dewi, selama ini, aktif di media sosial dan menjalin komunikasi dengan salah satu narapidana teroris.

"DA juga dari hasil penelitian Tim Densus 88 dan Tim Dit Siber Bareskrim bahwa yang bersangkutan cukup aktif di media sosial dan secara fisik sudah pernah berkomunikasi lewat Facebook dengan napiter atas nama I yang sedang menjalani proses hukuman di lapas kelas II perempuan di Medan," terang Dedi.

Baca juga: Bom Medan, Polisi Amankan Istri Terduga Pelaku

Polisi, hingga kini, masih terus melakukan pendalaman apakah Rabbial masuk ke dalam sebuah jaringan teroris.

"Apakah pelaku RMN ini dalam melakukan serangannya ini memiliki jejaring, baik terstruktur ataupun nonstruktur, ini masih didalami Densus 88," ujarnya.

Rabbial melakukan aksi serangan bom bunuh diri di halaman parkir Mapolrestabes Medan, kemarin, Rabu  (13/11) pagi. Lokasinya berada dekat kantin dan tempat pembuatan SKCK. Polisi menyebut serangan itu sebagai lone wolf. (OL-2)

BERITA TERKAIT