14 November 2019, 11:19 WIB

Jelang Pilkada 2020, Bawaslu Evaluasi Kinerja di Pemilu 2019


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

MI/Rendy Ferdiansyah
 MI/Rendy Ferdiansyah
Rapat evaluasi pelaksanaan pengawasan pemilu 2019 di Bangka Belitung, Kamis (14/11/2019).

UNTUK persiapan pelaksanaan Pilkada serentak 2020 mendatang. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bangka Belitung (Babel) melakukan evaluasi atas capaian kinerja pada pemilu legislatif dan Pilpres 2019. Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Edi Irawan mengatakan tujuan dari evaluasi pelaksanaan Pemilu 2019 secara keseluruhan adalah ingin mengetahui capaian kinerja.

"Kita lakukan evaluasi ini. Kita ingin saat Pilkada 2020 nanti agar dapat meningkatkan kinerja pengawasan," kata Edi, Kamis (14/11/2019).

Menurutnya ada tiga tahapan pengawasan yang telah dilakukan oleh Bawaslu selama tahapan Pemilu 2019, mulai dari pengawasan, pencegahan hingga penindakan.

"Pada pengawasan pemilu lalu, Bawaslu memastikan semua kegiatan pemilu berjalan sesuai aturan. Berikutnya pencegahan yang dilakukan sebelum terjadinya pelanggaran baik penyelenggara pemilu, peserta pemilu bahkan masyarakat yang berpartisipasi. Dan terakhir penindakan setelah terjadinya pelanggaran maka ditindak oleh Bawaslu,"ujarnya.‎

Ia mengaku, pihaknya menyadari bahwa banyak penindakan pelanggaran yang dilakukan oleh Bawaslu selama Pemilu 2019. Namun masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki dalam teknis pengawasan.

"Oleh karena itu Bawaslu membutuhkan masukan yang positif dalam rangka kinerja Bawaslu ke depan terutama pada Pilkada 2020 mendatang," kata Edi.

baca juga: Banjir di Aceh Utara Lumpuhkan Aktivitas Warga

Sementara Anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Andi Budi Yulianto mengungkapkan pihaknya akan merespons masukan dan saran yang telah diberikan oleh para peserta evaluasi.

"Kami akan menampung dan menindaklanjuti masukan yang telah disampaikan oleh stakeholder. Misalnya terkait kewenangan pemantau pemilu yang saat ini tugasnya memantau dan bisa melaporkan pelanggaran pemilu kepada Bawaslu," tuturnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT