14 November 2019, 10:05 WIB

Kementerian PU-Pera Tuntaskan Rekonstruksi Pasar Wouma di Wamena


Andhika Prasetyo | Nusantara

Setpres
 Setpres
Presiden Joko Widodo saat meninjau Pasar Wouma, Wamena, 28 Oktober lalu.

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) telah menuntaskan tugas rekonstruksi Pasar Wouma di Wamena, Jayawijaya, Papua.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo, 28 Oktober silam, menginstruksikan Kementerian PU-Pera membangun kembali Pasar Wouma yang rusak berat akibat kerusuhan yang terjadi di wilayah tersebut. Sedikitnya ada 128 lapak pedagang yang hancur dan terbakar.

"Dalam dua minggu, tugas rekonstruksi bisa diselesakan," ujar Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Endra Atmawidjaja melalui keterangan resmi, Kamis (14/11).

Endra mengungkapkan, dalam pelaksanaan pembangunan kembali, pihaknya menunjuk PT Nindya Karya yang didukung Konsultan PT Virama Karya dan bantuan beberapa personel TNI AD.

Baca juga: Jokowi Minta Bangunan Rusak Dampak Kerusuhan Wamena Diperbaiki

Rekonstruksi dilakukan dengan memanfaatkan struktur beton bertulang dari bangunan eksisting sebelumnya. Perbaikan dilakukan pada rangka atap, penutup atap, meja lapak dengan dilapisi keramik dan perbaikan lantai.

Biaya sebesar Rp4,74 miliar dikeluarkan untuk kegiatan rekonstruksi tersebut.

"Pasar Wouma merupakan salah satu pasar tradisional terbesar di Wamena dengan luas 740 meter persegi. Sarana tersebut menjadi salah satu pusat kegiatan ekonomi di kawasan. Sangat penting bagi pemerintah untuk segera menyelesaikan pembangunan agar kegiatan ekonomi kembali berjalan," tandasnya. (OL-2)

BERITA TERKAIT