13 November 2019, 21:24 WIB

Miya Kelinci yang Gemar Berbuat Kebaikan Kerja Bareng Benihbaik


Retno Hemawati | Weekend

MI/Galih Agus Saputra
 MI/Galih Agus Saputra
Andy F. Noya dan Mira Hoeng saat peluncuran karakter Miya, di Central Departement Store, Grand Indonesia, Menteng, Jakarta, Rabu (13/11).

DALAM rangka menyambut Hari Kebaikan Dunia (World Kindness Day) yang diperingati setiap 13 November, desainer, Mira Hoeng meluncurkan brand ambassadors-nya yang diberi julukan Miya. Karakter yang terinspirasi dari binatang atau shio kelinci itu selanjutnya hendak dipakai untuk menghiasi seluruh produk dari perusahaan yang didirikan Mira yaitu Miwa Pattern, mulai dari baju, sepatu, syal, dan lain sebagainya.

Sebagaimana diketahui, Hari Kebaikan Sedunia sendiri sudah diperkenalkan sejak 1998 melalui 'Gerakan Kebaikan Dunia' yang diusung koalisi sejumlah LSM dari berbagai negara. Sejak saat itu pula mereka mendorong Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) agar Hari Kebaikan Sedunia diakui secara resmi, termasuk ditandatangani oleh para anggota di dalamnya sekaligus diumumkan demi terciptanya kebaikan dunia (world kindness).

Miya, kata Mira, terinspirasi dari nama panggilannya di masa kecil. Sementara sosok kelinci ia pilih karena dalam kepercayaannya karakter tersebut memancarkan kebaikan dan mudah disukai oleh siapa saja. Seluruh bagian dari karakter tersebut lahir digambar berdasarkan terjemahan doa yang selalu dipanjatkan oleh Mira.

"Jadi brand ambassador Miya itu untuk fashionable dan bisa pakai di apa saja. Ia adalah sosok yang hidup di hutan bawah laut yang selalu percaya dengan energi positif. Ia juga suka makan seperti saya," tutur Mira, dalam peluncuran karakter Miya di Central Departemen Store, Grand Indonesia, Menteng, Jakarta, Rabu (13/11).

Menariknya, lanjut Mira, kelahiran Miya mendapat sambutan hangat dari orang-orang baik di sekitarnya. Ia bahkan terbit dalam bentuk stiker yang sudah dapat diunduh dari aplikasi obrolan Line sejak di hari yang sama. Miya selanjutnya turut menjadi karakter yang hendak digunakan Mira di berbagai kegiatan sosial, salah satunya dengan Benihbaik.com.

Benihbaik.com sendiri merupakan platform penggalangan dana publik yang didirikan salah satunya oleh pembawa acara Kick Andy, Andy F. Noya. Melalui portal tersebut Andy berharap dapat mewadahi atau menjadi penghubung antara orang-orang baik dengan mereka yang membutuhkan bantuan.

Kolaborasi
Dalam kolaborasi perdana ini, Mira mengatakan bahwa Miya dan Benihbaik.com akan menggalang dana untuk melaksanakan program sedekah mainan bagi anak-anak sekolah, maupun mereka yang tinggal di rumah singgah di beberapa daerah. Andy turut menyambut niat tersebut, karena menurutnya ada kesamaan visi dan misi antara Benihbaik.com dan Miya. "Ada nilai-nilai kebaikan yang ditanamkan dalam karakter Miya," tutur Andy, yang kala itu turut menghadiri peluncuran karakter Miya.

Andy selanjutnya juga mengatakan bahwa Miya dapat menjadi sumber inspirasi bagi orang-orang yang melihatnya. Pada masa yang akan datang, Andy juga percaya bahwa akan banyak generasi muda, termasuk anak-anak yang akan memanfaatkan gambar maupun stiker tersebut. Hal itu lantas menjadi pertanda baik, lantaran akan semakin banyak pula orang-orang di generasi mendatang yang akan semakin peduli dan bersedia menyebarkan benih baik bagi mereka yang hidup sekitarnya.

Sementara itu, Mira sendiri mengatakan bahwa dewasa ini benihbaik.com dan Miya belum menentukan tempat atau pihak mana yang hendak dituju untuk melaksanakan sedekah mainan. Mereka sedang memetakan tempat maupun orang agar tepat sasaran, sementara proses penggalangan dana tengah berlangasung. Mira menargetkan dana yang terkumpul sebesar Rp200 juta, dan bagi siapa saja yang hendak menyalurkan donasi dapat mengakses langsung laman Benihbaik.com. (M-4)

BERITA TERKAIT