13 November 2019, 20:40 WIB

Menpan-RB: Brimob Polri akan Dipimpin Jenderal Bintang 3


Akmal Fauzi | Politik dan Hukum

MI/Andry Widiyanto
 MI/Andry Widiyanto
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo

MENTERI Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo menyebut akan ada perubahan struktur kepangkatan di tubuh Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Setidaknya, terdapat satu pos pejabat di Polri mengalami kenaikan pangkat. Nantinya, Kepala Korps Brimob Polri dijabat jenderal berpangkat bintang tiga dari sebelumnya bintang dua.

"Brimob karena sekarang ada 48 ribu anggota, mau ditingkatan 60 ribu anggota, itu kalau dipimpin dengan bintang dua, kan, enggak pas. Jadi, harus bintang tiga," kata Tjahjo dalam Rapat Koordinasi (Rakornas) antara Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor Jawa Barat, Rabu (13/11).

Ke depan, kata dia, struktur kepangkatan di Polri bisa terus mengalami penyesuaian. Saat ini, kata Tjahjo, Kemenpan-RB tengah mengkaji penambahan pangkat bintang dua di Polri.

Baca juga : Polisi Ungkap Kemungkinan Bom Bunuh Diri Dikendalikan dari Jauh

"Jadi, kalau di kepolisian hanya menambah satu bintang menjadi tiga, dan yang sedang kami bahas dan kaji itu penambahan bintang dua ada empat," lanjut dia.

Di lain sisi, Tjahjo mengaku akan melihat detil perampingan eselon di kementerian lembaga maupun di tingkat daerah. Ia menjelaskan, masih ada kesulitan perampingan untuk aparatur sipil negara (ASN) di daerah.

“Ternyata masih ada beberapa hal yang sulit dipangkas, misal kepala kantor, kepala kelurahan, camat. Maka untuk merampingkan dalam rangka mempercepat layanan dan perizinan kami akan hati-hati, totalitas, mana yang harus alih pejabat fungsional dan yang tidak,” jelasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT