13 November 2019, 20:29 WIB

Nadiem Makarim Masuk Daftar 100 'Rising Stars' Majalah TIME


Irana Shalindra | Weekend

MI/Susanto
 MI/Susanto
 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (tengah) saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR, Rabu (6/11). 

Setelah setiap tahun merilis daftar bergengsi: 100 Orang Paling Berpengaruh (TIME 100: The Most Influential People), majalah TIME kini melansir daftar baru, TIME100NEXT.

Dikutip dari cuitan di akun twitter TIME, daftar tersebut berisikan 100 orang rising stars yang berkontribusi dalam membentuk masa depan dunia bisnis, politik, hiburan, dan segmen kehidupan lain.

Daftar tersebut dibagi dalam lima segmen, yaitu artis/seniman, aktivis atau orang-orang yang melakukan advokasi, pemimpin (dunia politik/bisnis), inovator, dan mereka yang menciptakan fenomena atau menjadi fenomenal.

Yang menarik, daftar yang baru perdana dirilis tersebut menyertakan nama Nadiem Makarim, founder startup GO-JEK yang baru saja dilantik menjadi menteri pendidikan dan kebudayaan Kabinet Indonesia Maju.

'Jabatan itu menempatkannya dalam posisi strategis untuk melahirkan pemimpin-pemimpin masa depan di negara perekonomian terbesar ke-16 di dunia. Brian Harding, Deputi Direktur di Pusat Studi Strategis dan Internasional mengemukakan, "Makarim akan membawa anak muda yang cerdas dan berjiwa wirausaha ke dalam kabinet.",' begitu tulis TIME dalam situs resminya, Rabu (13/11).

Menurut Editor-in-Chief/CEO TIME, Edward Felsenthal, ketika pihaknya pertama kali menerbitkan TIME's 100 Most Influential People, 15 tahun silam, daftar itu didominasi oleh orang-orang yang popularitasnya naik melalui struktur kekuasaan tradisional: kepala negara, CEO perusahaan publik, aktor dari film blockbuster beranggaran besar, pemimpin yayasan global, dan sebagainya.

Daftar terkini menunjukkan semakin banyak orang-orang yang tidak memerlukan 'tangga sosial' semacam itu untuk dapat menarik atensi dunia internasional. Sebut saja aktivis belia Greta Thunberg --pada daftar TIME 100 tahun ini-- atau siswa-siswi Parkland, Florida (2018) yang memobilisasi gerakan melawan kekerasan senjata.

Dan, sekarang, tren para influencer telah berubah. Berbagai sisi dunia mengalami perubahan, yang didorong oleh berbagai faktor. Mulai dari media sosial, sampai perubahan biologis manusia.

'Kami meluncurkan TIME 100 Next, daftar baru —bagian dari perluasan berkelanjutan dari franchise TIME 100 andalan kami— yang menyoroti 100 bintang yang sedang naik daun, yang membentuk masa depan bisnis, hiburan, olahraga, politik, ilmu pengetahuan, kesehatan dan lainnya,' tulis Felsenthal dalam situs TIME.

Meskipun daftar ini ini cocok untuk generasi yang lebih muda, TIME tidak memiliki batasan usia --bukti bahwa meningkatnya pengaruh, popularitas, performa, bisa terjadi pada usia berapa saja.

'Orang termuda dalam daftar ini, misalnya, adalah sosok atlet skating berusia 14 tahun Alysa Liu, yang baru-baru ini menjadi perempuan AS pertama yang mendaratkan empat kali loncatan Lutz dalam kompetisi. Sementara itu, yang tertua adalah Ayman Odeh, seorang politisi yang, pada usia 44, muncul sebagai 'kingmaker' dalam perpolitikan Israel.'

Orang-orang dalam TIME100NExt memiliki ambisi besar, dan mereka tahu mereka mungkin menghadapi kemunduran yang lebih besar. Namun, pada umumnya, "mereka didorong oleh harapan," kata editor eksekutif TIME Dan Macsai. "Mereka ingin menantang peluang, dan berjuang untuk masa depan yang lebih baik.",' tulisnya lagi. (M-2)

BERITA TERKAIT