13 November 2019, 20:15 WIB

Demi Kemajuan Bangsa, Penegak Hukum Diminta Kedepankan Pencegahan


Thomas Harming Suwarta | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
PRESIDEN HADIRI RAKORNAS INDONESIA MAJU

PRESIDEN Jokowi kembali menegaskan harapannya agar hukum jangan dipakai untuk menakut-nakuti pengambil kebijakan. Hukum diharapkan menjadi sarana yang positif mendorong pembangunan dan karena itu harus digunakan ketika sebuah kebijakan sedang dalam perencanaan.

'Penegakan hukum tidak boleh membuat kita takut mengambil kebijakan dan berinovasi demi kemajuan bangsa. Justru harus didukung, tidak dicari-cari kesalahannya,' cuitnya melalui akun Twitter @jokowi, Rabu (13/11).

Baca juga: Rentan Kecelakaan, Skuter Listrik Diimbau Hanya Di Perumahan

Ia menambahkan: "Penegak hukum seharusnya mengawal dan mengingatkan para pengambil keputusan sejak awal pelaksanaan pekerjaan."

Sebelumnya saat Rapat Forkompida di Sentul hari ini, Jokowi mengingatkan aparat penegak hukum untuk mendahulukan tindakan preventif dalam mengatasi dugaan pelanggaran hukum. Jokowi meminta aparat penegak hukum tidak mencari-cari kesalahan.

"Saya titip kalau ada persoalan hukum dan itu sudah kelihatan di awal-awal, preventif dulu, diingatkan dulu. Jangan ditunggu kemudian peristiwa (korupsi) terjadi baru ditindak," ungkap Jokowi. (Thx/A-5)

BERITA TERKAIT