13 November 2019, 19:44 WIB

Perampingan Eselonisasi di Kemenpan-RB Dimulai Bulan Ini


Akmal Fauzi | Politik dan Hukum

MI/ Andry Widyanto
 MI/ Andry Widyanto
Tjahjo Kumolo

PEMANGKASAN eselonisasi akan dilakukan pada November ini di Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

Menpan RB Tjahjo Kumolo mengatakan perampingan birokrasi untuk pejabat eselon III dan IV.

"Eselon lll dan lV akan saya pangkas bulan ini, mudah-mudahan menjadi contoh lainnya," kata Tjahjo dalam Rapat Koordinasi (Rakornas) antara Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor Jawa Barat, Rabu (13/11).

Dia meminta agar pemangkasan eselon PNS dilakukan intitusi lainnya dan pemerintah daerah. Menurutnya, perampingan eselon tak berarti menghilangkan secara keseluruhan. Sebab, pendapatan apartur sipil negara di tingkatan eselon III dan IV tidak akan berubah.

Para pejabat tersebut, kata dia, juga akan dapat menempati jabatan fungsional. “Reformasi jangan kulitnya, tapi langsung ke jantungnya dalam waktu secepat-cepatnya. Oleh karena itu saya menerjemahkan untuk reformasi tidak memangkas, tapi merampingkan birokrasi,” imbuh politisi PDI-P ini.


Presiden Joko Widodo dalam pidato pelantikannya di MPR, 20 Oktober, menyampaikan akan memangkas struktur eselon 3 (jabatan administrator), eselon 4 (jabatan pengawas), dan eselon 5 (jabatan pelaksana) di birokrasi.

Pemangkasan ini bertujuan menciptakan birokrasi yang lebih ramping dalam rangka mendukung iklim investasi yang lebih baik dan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Presiden Jokowi juga berjanji akan memangkas berbagai regulasi melalui omnibus law. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT