13 November 2019, 19:04 WIB

Aturan di Daerah Masih Hambat Investasi


Andhika prasetyo | Ekonomi

Antara
 Antara
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia

KEPALA Badan Koordinator Penanaman Modal Bahlil Lahadalia mengakui ada komitmen investasi senilai Rp700 triliun dari 24 perusahaan yang terhambat masuk ke Tanah Air karena regulasi yang berbelit dan tumpang tindih.

Pemerintah pusat, jelas Bahlil, sudah menerapkan kebijakan dan sistem promosi yang baik untuk menarik investasi. Hanya saja, eksekusi kerap tidak sesuai harapan karena terganjal kelalaian pemerintah daerah.

"Seperti online single submission (OSS), itu sudah bagus tapi di lapangan sampai sekarang belum terkoneksi ke seluruh kabupaten/kota. Aturan di daerah masih rumit. Pemerintah daerah harus serius mengejar langkah pusat," ujar Bahlil di Sentul, Jawa Barat, Rabu (13/11).

Ia mengatakan telah membentuk satuan tugas yang akan mengawal implementasi OSS di seluruh daerah untuk membenahi persoalan yang ada.

Secara perlahan, Bahlil pun mengklaim upaya itu telah membuahkan hasil. Ia menyebut, dari Rp700 triliun komitmen investasi yang terhambat, sebanyak Rp38 triliun sudah direalisasikan.

"Itu dari satu perusahaan powerplant, kerja sama Malaysia dan Amerika Serikat," tuturnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT