13 November 2019, 16:15 WIB

Penyederhanaan Regulasi, Jokowi akan Bentuk Balegnas


Putra Ananda | Politik dan Hukum

antara
 antara
Pratikno

PEMERINTAH akan membentuk Badan legislasi Nasional (Balegnas) untuk mempercepat rencana pemerintah melakukan penyederhanaan regulasi.

Hal ini disampakan oleh Menter Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dalam rapat kerja bersama Komisi II DPR RI di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (13/11).

"Presiden menyatakan akan membentuk badan legislasi nasional. Kami sedang memikirkan namanya badan regulasi nasional," ujar Pratikno.

Ditemui seusai rapat kerja, Pratikno menyebutkan bahwa pembentukan Balegnas dilakukan berkaitan dengan rencana kerja strategis Kementerian Sekretaris Negara (Kemensesneg), Sekretaris Kabinet (Seskab), hingga Kantor Staf Presiden (KSP).

"Tadi sudah disampaikan secara prinsip diterima oleh pimpinan dan anggota Komisi II. Tentunya itu menjadi pokok-pokok kebijakan. Tapi yang paling utama ialah memberikan dukungan yang terbaik bagi presiden dan wakil presiden, terutama bagi kinerja untuk 5 tahun ke depan," jelasnya.

Pratikno tidak merinci lebih lanjut kapan target pembentukan Balegnas. Namun ia menegaskan bahwa pemerintah akan menggabungkan beberapa untuk kementerian termasuk di dalamnya Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kaitannya dengan peraturan daerah, kemudian kementerian hukum dan HAM kaitannya dengan perundang-undangan.

"Di Setneg, setkab, dan juga BPHN," ujar Pratikno.

Menurut Pratikno, nantinya semua peraturan menteri (Permen) akan dikeluarkan melalui Balegnas. Hal tersebut dilakukan untuk mengefektifkan peraturan-peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah yang melibatkan beberapa kementerian.

"Jadi ini nanti semua Permen pun harus lewat badan ini. Karena ketika regulasi dilakukan sampai level Perpres, dan seterusnya itu kadang-kadang tak sesuai, itu yang menjadi kegelisahan presiden," ujar pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT