13 November 2019, 14:51 WIB

SMA Labschool Cibubur Juarai Kompetisi Folklore Internasional  


mediaindonesia.com | Humaniora

Istimewa
 Istimewa
SMA) Labschool Cibubur, Jakarta, meraih juara umum dengan mengalahkan 13 negara dalam ajang kompetisi tari dan budaya di Praha, Ceko.

PELAJAR Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Kali ini tim misi kebudayaan Sekolah Menengah Atas (SMA) Labschool Cibubur, Jakarta Timur, meraih juara umum setelah mengalahkan 13 negara di seluruh dunia dalam ajang kompetisi tari dan budaya yang digelar di Praha, Ceko.
 
Mereka membawa pulang predikat Grand Prix dan menjadi juara umum pada kompetisi bertajuk XXX Prague Stars Folklore Competition 2019.
 
Usai berkompetisi tari dan budaya di Praha, sebanyak 28 pelajar salah satu sekolah bergengsi tersebut tiba di Terminal Bandara Sokarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (13/11) dini hari.

Para pelajar berprestasi ini langsung disambut dengan pengalungan bunga oleh pihak sekolah serta orangtua.
 
Kegiatan yang diselenggarakan oleh lembaga budaya European Association of Folklore Festival dan Dewan Kota Praha ini dibagi menjadi beberapa ketegori perlombaan yakni folklore dance, folklore music, classical music instruments, dan classic balroom dance. Ajang ini diikuti sekitar 1.000 peserta dari 13 negara.
 
Tim misi tari dan kebudayaan dari SMA Labschool Cibubur menjadi juara umum setelah memeragakan beberapa tarian di antranya tari enggang dan giring-giring serta tarian ratoe jaroe. Tarian itu memiliki makna sangat kuat terutama dalam memperkenalkan budaya Indonesia yang sangat beragam, unik, dan menarik.
 
Keisya Azzahra, salah satu peserta, mengatakan sangat bangga dengan capaian tersebut. Menurutnya itu membuktikan Indonesia memiliki budaya yang sangat unik seperti yang ditampilkan oleh pelajar sekolahnya.
 
"Perlombaan ini memberikan pengalaman yang sangat berharga khususnya bagi diri saya dan pelajar lain," ujarnya..
 
"Meski hanya berlatih dalam satu bulan dan tantangan dari penampilang lawan yang bagus kami berhasil menjalani perlombaan dengan hasil yang membanggakan," imbuhnya.
 
Sementara itu,  Kepala Sekolah SMA Labschool Cibubur, Ali Chudori, mengapresiasi para pelajar yang mengharumkan nama bangsa di kancah internasional lewat torehan prestasi yang luar biasa.
 
Apalagi diraihnya penghargaan ini berdekatan dengan peringatan Hari Pahlawan Nasional sehingga menjadi kado istimewa untuk bangsa.

"Apa yang diraih oleh anak-anak hebat ini adalah kado yang paling indah di Hari Pahlawan Nasional 2019 ini," tandas Ali Chudori.
 
Pihak sekolah berharap para siswa bisa terus melanjutkan dan mempertahankan juara pada event selanjutnya dan memotivasi adik-adik kelas mereka untuk mengukir prestasi. (OL-09)

BERITA TERKAIT