13 November 2019, 13:50 WIB

Bawaslu Babel Siap Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pilkada 2020


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

MI/Rendy Ferdiansyah
 MI/Rendy Ferdiansyah
Rapat Bawaslu Bangka Belitung menjelang Pilkada Serentak 2020

BADAN Pengawas pemilu (Bawaslu) Provinsi Bangka Belitung (Babel), akan terus berupaya meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada serentak empat kabupaten di wilayah itu. Ketua Bawaslu Provinsi Bangka Belitung, Edi Irawan mengatakan angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 lalu mencapai 80 persen lebih. Partisipasi pemilih ini mengalami lompatan cukup jauh jika dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya.

"Berkaca dengan tingginya angka partisipasi Pemilu 2019. Maka kita berharap empat Pilkada di Babel nanti seperti itu," kata Edi usai membuka rapat evaluasi pengawasan pemilu 2019 dengan stakeholder di Hotel Sol Marina Bangka Tengah,  Rabu (13/11/2019).

Menurutnya perlu peran serta penyelenggara  yakni KPU dan Bawaslu untuk mendorong masyarakat agar tergerak untuk ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Ini tidak bisa hanya kita saja, tapi peran serta KPU dan masyarakat sangat tinggi, agar mampu meningkatkan keterlibatan pemilih ke TPS," ujarnya.

Ia menambahkan untuk mendorong partisipasi pemilih ini tidak harus dengan mengiming-iming hadiah atau door prize kepada pemilih.

baca juga: Grab Langsung Berkoordinasi dengan Polisi Soal Bom Medan

"Tetapi lanjutnya ada mekanisme lain supaya mereka hadir, dengan rela dan ikhlas. Kita ingin mendorong partisipasi pemilih ini tanpa diminta mereka hadir ke TPS secara ikhlas. Tapi semua itu tergantung kita menyampaikan ke mereka seperti apa," ungkap dia.

Disebutkannya Pilkada serentak pada 2020 di Bangka Belitung ada 4 kabupaten yang melaksanakan. Yaitu Bangka Barat, Bangka Selatan, Bangka Tengah dan Belitung Timur. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT