12 November 2019, 23:03 WIB

Mentan Optimistis Penyaluran KUR Meningkat


M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi

MI/ Susanto
 MI/ Susanto
Syahrul Yasin Limpo

MENTERI Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengharapkan penaikan plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada 2020 dapat meningkatkan penyaluran KUR ke sektor pertanian.

Harapan tersebut mengikuti kesepakatan pemerintah untuk meningkatkan plafon KUR menjadi Rp190 triliun atau naik 36% dari saat ini sebesar Rp140 triliun.

"Kita hari ini mendapat sebuah kepastian bahwa ada peningkatan kur pastinya pertanian membutuhkan itu lebih banyak," kata Syahrul di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (12/11).

Ia menambahkan, peningkatan penyaluran KUR di sektor pertanian dapat dilakukan dengan mempermudah akses petani untuk mendapatkan KUR.

Untuk meningkatkan penyaluran KUR, Syahrul mengungkapkan tengah mencari solusi untuk memudahkan akses petani.

"Salah satu bentuk pengendalianya harus dileveling ke bawah di flat organizing, tidak di atas penentuanya. Sehingga kita bisa betul-betul lihat ini petani kita dan dengan tadi pengelompokan dan sistem cluster itu menjadi bagian-bagian dari pengendalian yang membutuhkan gerakan yang lebih efektif," tuturnya.

Syahrul juga menginginkan KUR yang tersalurkan untuk petani di 2020 mampu menembus angka Rp50 triliun. Hal itu dikarenakan sektor pertanian memiliki dampak yang signifikan pada perekonomian dalam negeri. (OL-8)

BERITA TERKAIT