12 November 2019, 23:20 WIB

Ganda Campuran Sisakan Dua Wakil


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga

ANTARA
 ANTARA
Pasangan ganda campuran Indonesia Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja 

TIM bulu tangkis Indonesia tinggal menyisakan dua wakil di nomor ganda campuran Hong Terbuka 2019. Di babak pertama kemarin, dari tiga ganda campuran Indonesia yang tampil hanya Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja yang meraih kemenangan.

Dua pasangan lainnya, Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow, dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari menelan kekalahan, sedangkan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti baru akan tampil hari ini.

Hafiz/Gloria lolos ke babak kedua setelah menaklukkan pasangan Taiwan Wang Chi-Lin/Cheng Chi-Ya 17-21, 21-8, 21-13. Di babak kedua, Hafiz/Gloria akan bertemu pasangan Inggris Chris Adcock/Gabrielle Adcock.

"Kami kalah di pertemuan sebelumnya karena salah menerapkan taktik. Kali ini kami belajar dari kesalahan sebelumnya," ujar Hafiz.

Di laga lain, Tontowi/Winny menyerah di tangan ganda asal Jepang Takuro Hoki/Wakana Nagahara 20-22, 18-21, sedangkan Rinov/Pitha takluk di tangan unggulan keenam asal Malayia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying 16-21, 16-21.

"Tadi main di bawah tekanan dan tidak bisa keluar dari tekanan itu. Di gim kedua sebenarnya sempat memimpin tapi gagal mempertahankannya," ujar Pitha.

"Soon/Liu adalah pemain bagus, mereka punya banyak pengalaman. Kami masih harus banyak evaluasi lagi, misalnya mainnya harus lebih safe dan dari tenaganya juga harus lebih ditambah lagi," tambah Rinov.

 

Kejurnas bulu tangkis

Sementara itu, Palembang, Sumatra Selatan, akan menjadi tuan rumah Kejurnas Bulu Tangkis PBSI pada 24-28 November mendatang. Rencananya, Kejurnas PBSI kali ini akan diadakan di dua tempat, yakni GOR Dempo Jakabaring dan GOR Ranau Jakabaring.

"Sumatra Selatan dan Palembang termasuk daerah yang baik perkembangan bulu tangkisnya. Di Palembang juga sudah tersedia gedung bulu tangkis yang cukup representatif, serta animo penonton yang baik," ucap Ketua Panitia Pelaksana Kejurnas PBSI 2019, Achmad Budiharto.

Achmad Budiharto meyakinkan kedua venue yang akan digunakan akan siap pada waktu pertandingan. "Untuk saat ini persiapan masih berlangsung dan kedua venue, yaitu GOR Dempo dan GOR Ranau," ujar Achmad Budiharto seperti dikutip badminton.org.

Kejurnas kali ini akan mempertandingkan nomor perorangan yang dibagi dua divisi, yaitu divisi satu dan divisi dua. Setiap divisi akan dibagi menjadi dua kelompok usia, taruna dan dewasa.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PB PBSI, Susy Susanti berharap para pebulu tangkis bisa maksimal dalam turnamen ini. Susy pun akan menjadikan Kejurnas sebagai sarana pemantauan bibit-bibit bulu tangkis potensial dari berbagai wilayah.

"Kejurnas ini akan jadi salah satu penilaian promosi degradasi di pelatnas. Untuk para juara nantinya akan mendapat kesempatan magang di pelatnas. Mereka akan kami pantau untuk kemudian ditentukan bisa lanjut menjadi bagian tim nasional atau belum," ucap Susy. (R-1)

BERITA TERKAIT