12 November 2019, 19:35 WIB

Jadi Kurir Narkoba, Siswa SMA di Depok Divonis 3 Tahun 3 Bulan


Kisar Rajaguguk | Megapolitan

ilustrasi
 ilustrasi
ilustrasi

PELAJAR kelas tiga sekolah menengah atas (SMA) di Kota Depok, Jawa Barat, Muhamad Fajar Sahputra, 16, dijatuhi hukuman 3 tahun 3 bulan penjara. Hukuman itu lebih ringan 1 tahun 3 bulan dari tuntutan jaksa. Hukuman dijatuhkan Majelis Hakim yang diketuai Nugraha Medika Prakasa di Pengadilan Negeri Kota Depok, Selasa (12/11).

"Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah menjadi perantara dalam jual beli, menukar dan menyerahkan, narkoba golongan 1 bukan tanaman."

"Terdakwa tetap menjalani masa tahanan di Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak di Bandung," kata Nugraha.

Nugraha juga menyatakan barang bukti dirampas untuk dimusnahkan.

"Memerintahkan barang bukti berupa 1 bungkus ganja dilakban warna cokelat dengan berat 1 kilogram, 1 buah tas warna hitam, dan 1 unit handphone merk Samsung J-2 prime warna silver dirampas untuk dimusnahkan," ujar Nugraha.


Baca juga: Polda Metro Jaya Tangkap 5 Orang Komplotan Pencuri Truk


Usai putusan dibacakan, terdakwa langsung menundukkan kepalanya dengan sambil meneteskan air mata.

Sebelumnya, Selasa (29/10), Muhamad Fajar Sahputra, yang menjadi kurir ganja seberat 1 kilogram dituntut penjara selama 4 tahun dan 6 bulan dan pelatihan kerja selama 2 bulan di Marsudi Putra Cileungsi oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Uly Natalena Sihombing di PN Kota Depok

Dalam amar tuntutan yang dibacakan di ruang sidang anak Pengadilan Negeri Kota Depok, terdakwa Muhamad Fajar Sahputra dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar atau menyerahkan narkotika golongan I dalam bentuk tanaman sebagaimana diatur dalam Pasal 114 Ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009. (OL-1)

 

 

BERITA TERKAIT