12 November 2019, 16:56 WIB

NasDem Terapkan Metode Konvensi Transparan untuk Pilpres 2024


Putra Ananda | Politik dan Hukum

MI/ Anggoro
 MI/ Anggoro
Saan Mustopa

PARTAI NasDem akan menerapkan metode konvensi untuk menentukan calon presiden (capres) yang akan diusungnya dalam Pemilu Presiden (Pilreps) 2024 mendatang. Konvensi akan dilakukan secara transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Kita akan jadikan konvensi salah satu model untuk merekrut atau menjaring calon presiden," ujar anggota DPR RI dari Fraksi NasDem Saan Mustopa saat ditemui di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (12/11).

Saan melanjutkan, penting bagi NasDem untuk melakukan proses konvensi yang transparan. Saan mengaku NasDem banyak belajar dari partai-partai lain yang sebelumnya juga telah melakukan konvensi untuk menugsung capres.

"Konvensi NasDem bisa dipertanggungjawabkan dan pasti akan ada ujungnya," paparnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa pemenang konvensi akan dilihat dari segala indikator dan parameter yang sudah ditentukan oleh NasDem. Bahkan NasDem juga sudah siap untuk mencarikan partai mitra koalisi bagi pemenang konvensi untuk memenuhi ambang batas minimal pencalonan presiden.

"Secara elektoral kalau nanti menggunakan presiden tershild kursi NasDem tidak cukup maka NasDem akan beratnggung jawab mencarikan partai mitra koalisi," paparnya.

Dengan begitu, Saan menjamin bahwa proses konvensi NasDem tidak akan terhenti di tengah jalan karena kurangnya mitra koalisi dalam mengusung capres.

"Kita ada ujungnya ada pemenangnya dan pasti kita akan carikan mitra partai koalisi untuk mencukupi presiden treshold pengajuan capres dan cawapres," tegasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT