12 November 2019, 14:20 WIB

30 Persen Penduduk Babel Alami Obesitas


Rendy Ferdiansyah | Humaniora

MI/Rendy Ferdiansyah
 MI/Rendy Ferdiansyah
 Kepala dinas Kesehatan  Babel, Mulyono Susanto

SEKITAR 30 persen dari 1,5 juta warga Provinsi Bangka Belitung (Babel) alami obesitas atau kegemukan yang beresiko gangguan kesehatan.

Menurut Kepala dinas Kesehatan (Kadinkes) Babel, Mulyono Susanto mengungkapkan, pemicu dari banyak penduduk Babel yang mengalami obesitas tersebut banyak faktor yang jelas kurang gerak, terus pola makan yang tidak teratur.

''Banyak faktornya, jika sudah mengalami obesitas ini, resiko sekali dengan masalah kesehatan khusus penyakit tidak menular," ujarnya dalam acara Hari Kesehatan yang ke-55 di Babel, hari ini.

Untuk itu, paparnya, orang yang mengalami obesitas ini, harus berolah raga seminggu itu minimal 5 kali selama 30 menit. ''Kkalau mau kurangi kegemukanya, harus olahraga, kalau jalan bukan jalan santai tetapi jalan cepat." ungkap dia.

Penderita obesitas di Babel memang terjadi pada orang dewasa tetapi ada juga anak-anaka khususnya anak yang mengalami stunting.

"Anak-anak yang mengalami stunting ini kalau makannya banyak rentan sekali mengalami obesitas, untuk kita terus berusaha mengatasi masalah stunting tersebut agar anak-anak tidak mengalami stunting," ucap Mulyono.

Di Babel sendiri menurutnya penduduk yang mengalami obesitas bukan hanya di perkotaan saja tetapi merata hingga ke desa-desa.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT