12 November 2019, 13:46 WIB

Hidup Sehat Harus Menjadi Kebiasaan


Ferdinandus Rabu | Nusantara

MI/DFerdinandus Rabu
 MI/DFerdinandus Rabu
Petugas kesehatan sedang memeriksa kesehatan gigi dan mulut dalam rangka Hari Kesehatan Nasional di Flores Timur, Selasa (12/11/2019). 

BERAGAM aksi gerakan hidup sehat digelar dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Berbagai aksi gerakan hidup sehat ini menyimpan misi agar masyarakat meningkatkan pola hidup sehat di rumah maupun lingkungan. Hal itu ditegaskan oleh Asisten tiga Setda Flotim, Antonius Wukak Sogen saat membuka kegiatan jalan sehat dalam rangka HKN ke-55.

"Saya mengajak semua orang setiap hari mulailah berpikir untuk membiasakan diri hidup sehat. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pola hidup sehat. Termasuk melalui jalan sehat ini. Mulailah membangun mindset dalam diri kita masing-masing untuk selalu berpikir tentang hidup sehat dalam setiap langkah aktivitas hidup kita. Dengan demikian kita pun akan tahu bagaimana harus bertindak untuk menjaga kesehatan kita masing-masing. Kesehatan menjadi tanggung jawab kita bersama dan hanya bisa terjadi jika itu dimulai dari dalam diri kita sendiri," kata Antonius dalam sambutannya.

Selain jalan sehat, juga dilakukan bakti sosial dan pengobatan gratis. Ragam kegiatan ini bertujuann untuk menyerukan pola hidup sehat bagi seluruh masyarakat demi meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga kesehatan.

Ketua panitia kegiatan, Yohanes G. Wain saat dikonfirmasi pada puncak acara Selasa (12/11/2019) mengatakan gerakan hidup sehat ini melibatkan masyarakat dan Organisasi Perangkat Daerah mulai dari tenaga kesehatan baik di rumah sakit maupun puskesmas, juga pegawai dinas kesehatan, dan pelajar.

baca juga: Waspadai Hog Cholera, Petugas Vaksin Ribuan Babi Ternak di Flotim

"Banyak kegiatan yang kami lakukan untuk menyemarakkan HKN ke-55 hingga puncaknya hari ini tanggal 12 November. Kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan berupa bakti sosial di sekolah dengan tujuan untuk membangun kesadaran sejak dini bagi para pelajar akan pentingnya peduli terhadap kebersihan lingkungan demi kualitas kesehatan yang lebih baik. Selain itu juga, ada kegiatan pengobatan gratis khusus untuk kebersihan mulut dan gigi, sekaligus mengajak untuk selalu tertib menggosok gigi untuk menjaga kesehatan," kata Yohanes. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT