12 November 2019, 09:32 WIB

Jokowi Unggah Foto Rangkulan dengan Surya Paloh di Twitter


Thomas Harming Suwarta | Politik dan Hukum

Twitter @jokowi
 Twitter @jokowi
Presiden Joko Widodo (kanan) berangkulan dengan Ketua Umum NasDem Surya Paloh

PRESIDEN Joko Widodo mengunggah foto saat dia berangkulan dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Foto tampak punggung tersebut diambil saat puncak HUT ke-8 sekaligus penutupan Kongres II Partai NasDem di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Senin (11/11) malam.

"Rangkulan, pelukan, salaman di antara para pemimpin adalah sebentuk silaturahmi, senantiasa memperteguh komitmen kebangsaan, kenegaraan, persaudaraan, persatuan, kerukunan. Kenapa tidak?" tulis Jokowi pada foto yang diunggah melalui akun Twitter @jokowi, Selasa (12/11) pagi.

Sebelumnya, saat memberikan kata sambutan pada acara yang juga dihadiri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri tersebut, Jokowi menyinggung lagi soal rangkulan Presiden PKS Sohibul Iman dengan Ketum NasDem Surya Paloh.

Baca juga: Salah Besar Anggap Koalisi Retak

"Urusan rangkulan Bang Surya dan Pak Sohibul Iman itu hanya masalah kecemburuan karena saya tidak pernah dirangkul seperti itu. Setelah saya memberi sambutan, akan saya rangkul Pak Surya Paloh bahkan lebih erat dari rangkulan Pak Sohibul," ujar Jokowi.

Jokowi pun meminta pernyataan yang diungkapnya, maupun gestur yang ditunjukkan Surya Paloh, tidak diinterpretasikan macam-macam.

"Rangkulan itu apa yang salah? Itu bagus. Tapi sekali lagi semua itu pada niatnya. Kalo niatnya untuk komitmen kenegaraan, apa yang salah? Kalau rangkulan itu untuk komitmen kebangsaan, apa yang keliru? Untuk komitmen persaudaraan, kesatuan, sebangsa dan setanah air, itu apa yang salah? Apa yang keliru?" tanya Jokowi.

"Dan biasa candaan seorang sahabat yang sudah dekat, biasa, jangan ditanggapi ke sana ke sini, ada yang curiga, ada yang sinisme, ada yang enggak percaya, apanya yang salah," tambahnya.

Usai berpidato, Jokowi lantas menepati janjinya memeluk erat Surya Paloh. Presiden Jokowi yang turun dari podium usai mendapat sambutan dari Surya Paloh. Keduanya lalu berangkulan erat dan disambut riuh tamu yang hadir. (OL-2)

BERITA TERKAIT