12 November 2019, 01:00 WIB

RAN 13 Tahun Bermusik, Racik Formula Baru


MI | Hiburan

MI/Permana
 MI/Permana
Band RAM

TIGA belas tahun bermusik dan telah mengeluarkan kurang lebih lima album tak juga membuat trio RAN kehabisan ide. Mereka malah meracik formula baru dengan menciptakan lagu tunggal yang diciptakan tiap-tiap personel.

RAN yang terdiri atas Rayi, Asta, dan Nino, merancang proyek itu dengan nama Omne Trium Perfectum. Hal ini berbeda dengan cara-cara yang sebelumnya mereka tempuh, yakni mengerjakan karya secara bersamaan. Bagian pertama yang diciptakan Rayi Putra berjudul Ain't Gonna Give Up dan dibawakan bersama Ramengvrl dirilis Agustus 2019, lalu Asta menyusul dengan lagunya Saling Merindu (Oktober), dan Nino segera merilisnya (Desember).

Rayi menyebut proyek yang mereka garap itu selayaknya trilogi dalam film. Diakui Nino, pemicu ketiganya membuat setiap lagu secara sendiri ialah bukan karena kejenuhan, melainkan ingin mencoba pola yang baru bagi mereka. "Selama lima album kan pakai pattern yang sama. Nah, salah satunya kami coba beda dengan proyek ini," imbuhnya saat ditemui di Jakarta, Jumat (9/11).

Asta yang selama ini lebih berfokus pada aransemen musik, mengaku sempat kesulitan untuk menulis lirik. Ini pun menjadi tantangannya untuk mencoba membuat sesuatu yang baru. (Jek/H-2)

BERITA TERKAIT