11 November 2019, 13:00 WIB

Kembangkan Mikroalga, Evergen Raih Penghargaan dari Kemenkes


Ghani Nurcahyadi | Humaniora

Dok. Evergen Resources
 Dok. Evergen Resources
Penghargaan Piala Karya Anak Bangsa yang diserahkan Menkes untuk PT Evergen Resources

PERUSAHAAN Bioteknologi PT Evergen Resources yang mengembangkan bioteknologi berbasis mikroalga diganjar penghargaan Piala Karya Anak Bangsa oleh Kementerian Kesehatan.

Penghargaan itu diberikan dalam acara Pameran Pembangunan Kesehatan Tahun 2019 di ICE, BSD, Tangerang  Sabtu (9/11) lalu. Penghargaan itu diberikan langsung oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan diterima oleh Fouder &cEO Evergen Siswanto Harjanto.

“Saya mewakili Evergen merasa sangat senang dan bangga, karena kerja keras kami selama ini untuk berkontribusi dalam mewujudkan kemandirian bahan baku farmasi nasional telah diterima dan diapresiasi oleh pemerintah,” ucap Siswanto dalam keterangan tertulisnya.

Evergen melakukan inovasi bioteknologi yang dikembangkan melalui kultivasi mikroalga dengan sistem photobioreaktor tertutup untuk memproduksi AstaLuxe, yaitu produk natural astaxanthin berbentuk powder dan minyak (oleoresin) dengan kandungan antioksidan tinggi yang banyak digunakan dan diaplikasikan pada produk suplemen kesehatan, obat-obatan, kosmetik, makanan dan minuman, hingga produk pakan ternak.

Guna menghasilkan produk natural astaxanthin berkualitas tinggi, Evergen bekerja sama dengan PT Indesso Aroma yang memiliki fasilitas ekstraksi tersertifikasi dan berstandard international untuk melakukan proses pengeringan dan ekstraksi astaxanthin.

 

Baca Juga:  Taman Safari Indonesia Kelola Dana Konservasi dari Jepang

 

“Indonesia perlu berbangga karena memiliki produk inovasi AstaLuxe,  karya anak bangsa berupa mikroalga yang dikembangkan dan diproses menjadi natural astaxanthin berkadar antioksidan tinggi dan sangat bermanfaat untuk diaplikasikan pada berbagai produk kesehatan, kosmetik, dan pangan,” jelas Siswanto.

Siswanto juga mengutarakan rasa bangga dan apresiasinya atas kesempatan yang diperoleh dalam berkontribusi terhadap perkembangan industri bioteknologi nasional.

“Prestasi yang kami raih tidak lepas dari kerja keras yang dilakukan oleh putra putri Indonesia dengan konsisten, persisten, dan pantang menyerah sehingga bisa berhasil menghasilkan natural astaxanthin yang mendunia." ujarnya.

PT Evergen Resources memiliki laboratorium dan fasilitas kultivasi mikroalga berstandar internasional di Kendal, Jawa Tengah, dan telah diresmikan pada 25 Juli 2019. Meskipun pabrik ini baru diresmikan beberapa bulan lalu, Evergen telah mengembangkan produk inovatif ini sejak tahun 2015.

“Kami juga gencar melakukan penetrasi pasar ekspor untuk memperluas peluang usaha dan bisa berkembang di industri bioteknologi global. Ke depan, Evergen berkomitmen untuk terus menghasilkan produk-produk inovatif yang dapat dibanggakan dan mampu bersaing di pasar internasional,” tutup Siswanto. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT