11 November 2019, 11:10 WIB

Jokowi Ungkap Asal Usul Nama Panggilannya


Antara | Humaniora

ANTARA/M Risyal Hidayat
 ANTARA/M Risyal Hidayat
Presiden Joko Widodo

PRESIDEN Joko Widodo mengungkap asal muasal nama panggilan Jokowi melalui akun media sosial Twitter dan Instagram.    

Presiden Jokowi melalui akun Twitter dan Instagram @jokowi yang dikunjungi Senin (11/11) menyebut nama panggilan Jokowi melekat bukanlah dari kecil    

"Nama saya Joko Widodo, dipanggil Jokowi. Dan nama panggilan ini melekat bukanlah dari saya kecil, tapi semenjak mengenal Bernard Chene. Orang Prancis," cicit Presiden Jokowi.

Ia kemudian mengajak warganet menyimak kisahnya melalui video berdurasi sekitar beberapa menit.    

Video tersebut berisi penjelasan Chene tentang asal muasal nama panggilan Jokowi. Chene mengisahkan asal nama panggilan Jokowi dalam bahasa Inggris. Video itu juga dilengkapi dengan teks berbahasa Indonesia.    

Baca juga: Presiden Ingin Optimalkan Pengelolaan TNI

Teks diawali dengan pertanyaan: Katanya panggilan Jokowi Anda yang buat. Apa cerita di baliknya?    

Kemudian Bernard menjawab pertanyaan itu. Alasannya sangat sederhana. "Di Prancis, kami terbiasa punya nama panggilan singkat."   

Menurut dia, nama Joko Widodo terlalu panjang buat mereka.   

"Kemudian saya tanya ke beliau. Kalau tidak keberatan, boleh saya panggil 'Jokowi' saja? Dan begitulah awal ceritanya," jelasnya.    

Setelah itu kembali muncul teks pertanyaan: Bagaimana perasaan Anda ketika nama panggilan Jokowi jadi dipakai semua orang?   

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Bernard menyebutkan nama itu awalnya hanya di antara dirinya dan dia (Jokowi). Sekarang, semua orang memanggilnya dengan nama itu.    

"Ya mungkin sedikit senang sih, karena kan saya yang membuatnya, Bagus!" katanya.    

Sementara itu mengenai definisi Jokowi dalam tiga kata, Bernard menyebutkan dapat diandalkan, dapat dipercaya dan sangat pintar.   

"Itu tiga kata untuk Jokowi," katanya.    

Di akun Twitter, cicitan yang diunggah pada Minggu (10/11) sekitar pukul 07.57 WIB itu, hingga Senin (11/11) sekitar pukul 10.30 WIB sudah mendapat 3.083 retweet dan 16 ribu menyatakan suka. (OL-2)

BERITA TERKAIT