11 November 2019, 08:15 WIB

Warga Jepang Sambut Parade Kaisar Naruhito


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/Farzaneh KHADEMIAN
 AFP/Farzaneh KHADEMIAN
Kaisar Jepang Naruhito dan istrinya Masako melambaikan tangan ke arah warga saat melakukan parade di Tokyo.

PULUHAN ribu warga Jepang yang mengibarkan bendera menyambut meriah Kaisar baru Jepang Naruhito dalam sebuah parade langka menggunakan mobil atap terbuka pada Minggu (10/11).

Sejumlah warga bahkan memilih menginap sejak malam untuk mendapatkan tempat paling strategis untuk melihat parade selama 30 menit yang menampilkan Kaisar Naruhito dan istrinya Masako.

Parade itu merupakan rangkaian terakhir dari upacara naik tahta Naruhito untuk menggantikan ayahnya Naruhito yang pada awal tahun ini menjadi kaisar Jepang pertama dalam tempo dua abad yang memutuskan turun tahta.

Baca juga: Karyawati di Jepang Dilarang Pakai Kacamata

Naruhito dan istrinya meninggalkan istana kerajaan sekitar pukul 15.00 waktu setempat dengan sang kaisar mengenakan pakaian Barat tesmi sementara sang istri mengenakan gaun panjang berwarna krem dan jaket. Masak juga mengenakan tiara yang diturunkan oleh para pendahulunya.

Keamanan sangat ketat saat parade itu digelar. Antrean panjang terbentuk sejak sebelum parade saat ribuan polisi memeriksa tas para pengunjung.

Pasukan pengamanan berbaris di sepanjang rute parade, mengawasi dengan ketat saat kaisar Jepang yang dikawal polisi bersepeda motor melintas. (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT